Sambo Nangis-nangis Saat Temui Komisioner Komnas HAM Usai Bunuh Yoshua

Sambo Nangis-nangis Saat Temui Komisioner Komnas HAM Usai Bunuh Yoshua

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 01 Sep 2022 16:22 WIB
Putri Candrawathi sempat memakaikan masker untuk suaminya Ferdy Sambo saat keluar rumah usai rekonstruksi pembunuhan Brigadir J. Begini momennya.
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi pembunuhan Brigadir Yoshua. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Solo -

Irjen Ferdy Sambo menghubungi sejumlah orang usai pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, salah seorang di antaranya Komisioner Komnas HAM Choirul Anam. Ferdy Sambo diketahui membumbui cerita rekayasan soal kematian Yoshua sambil menangis.

Dikutip dari detikX, Kamis (1/9/2022), Anam dihubungi Sambo yang saat itu masih menjabat sebagai Kadiv Propam Polri. Keduanya lantas bertemu di kantor Div Propam Mabes Polri pada Senin 11 Juli 2022 atau pada hari yang sama kasus kematian Yoshua diumumkan ke publik.

Ferdy Sambo meminta Anam untuk datang ke ruangannya saat itu diduga hendak mempengaruhinya. Sementara Anam awalnya tidak mengetahui apa yang ingin disampaikan Sambo.


Anam menyanggupi bertemu dengan Ferdy Sambo karena memiliki kedekatan profesional. Dalam mengerjakan tugas masing-masing, mereka sering kali berkoordinasi.

Keduanya juga pernah bekerjasama dalam mengungkap kasus pembunuhan para anggota lascar FPI atau dikenal dengan kasus Km 50.

"Kenapa saya bisa bertemu dengan Pak Sambo? Karena memang biasanya hampir banyak kasus yang saya kirim surat ke Propam maupun ke Bidpropam di polda-polda dan sebagainya," kata Anam, Senin (22/8/2022).

Anam tidak menduga, dalam pertemuan tersebut, Ferdy Sambo akan menangis sambil menyampaikan narasi pelecehan yang dilakukan oleh Yoshua kepada istrinya. Saat itu juga Ferdy Sambo menceritakan soal tembak-menembak antara Bharada Richard Eliezer dan Brigadir Yoshua.

Ferdy Sambo juga berbohong kepada Anam dengan mengaku tidak ada di tempat saat terjadi pelecehan. Anam sama sekali tidak tahu kejadian yang sebenarnya saat itu.

"Ketemu, (Sambo) cuma nangis-nangis. Saya nggak tau apa yang terjadi," ujar Anam.

Sebelum bertemu dengan Ferdy Sambo di Divpropam Mabes Polri, Anam mengaku sudah melapor kepada ketua Komnas HAM Taufan Damanik. Taufan mengizinkan Anam bertemu Ferdy Sambo karena ia tidak melihat ada hal serius dalam kasus kematian Yoshua. Kala itu Taufan belum mengetahui kasus pembunuhan Yoshua di rumah Sambo.



Simak Video "Penanganan yang Akan Dilakukan Kak Seto untuk Anak-Anak Sambo"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)