Kronologi Kopda Muslimin Ditemukan Tewas di Kendal

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 28 Jul 2022 13:15 WIB
Suasana di rumah Kopda Muslimin, Kendal, Kamis (28/7/2022).
Suasana di sekitar rumah TKP Kopda Muslimin ditemukan tewas di Kendal, Kamis (28/7/2022). Foto: Dimas Saktyo R/detikJateng
Solo -

Kopda Muslimin terduga dalang penembakan istrinya di Semarang ditemukan tewas di rumah orang tuanya di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pagi tadi. Berikut ini kronologi kedatangan Kopda Muslimin di rumah orang tuanya hingga akhirnya ditemukan tak bernyawa di dalam kamar.

Kamis 28 Juli

Pukul 05.30 WIB

Kopda Muslimin datangi rumah orang tua

Kopda Muslimin diketahui tiba di rumah orang tuanya di Gang Adem Ayem, Kelurahan Trompo, Kecamatan Kota Kendal, Kendal. Tetangga rumah TKP sempat melihat Kopda Muslimin datang.


"Saya cuma melihat (Kopda Muslimin) tadi datang jam 05.30-an. Terus masuk rumah," kata N salah satu warga setempat, Kamis (28/7/2022).

N menjelaskan kalau Kopda Muslimin baru sekali ini terlihat di rumah orang tuanya sejak kejadian penembakan di Semarang yang terjadi Senin (18/7) lalu.

"Selama ini tidak pernah kelihatan ke sini dan baru kali ini, pagi tadi," jelasnya.

Kopda Muslimin Minta Maaf

Sebelum tewas, Kopda Muslimin sempat meminta maaf kepada orang tuanya dalam kondisi muntah-muntah.

"Kopda Muslimin datang ke rumah orang tuanya sekitar jam 5.30-an. Kemudian Kopda Muslimin dan keluarganya mengobrol dan meminta maaf atas perbuatannya," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di TKP, Kamis (28/7).

"Ayahnya juga menasihati dan menyuruh agar dia menyerahkan diri ke pihak berwajib," jelasnya.

Pukul 07.00 WIB

Pihak Kodam IV/Diponegoro menjelaskan, berdasarkan kronologis yang didapat dari Dandim 0715/Kendal, Kopda Muslimin datang ke rumah orang tuanya dengan mengendarai sepeda motor Mio J pelat nomor AA 2703 NC.

Usai mengetuk pintu dan dibuka oleh orang tuanya, Bapak Mustakim, Kopda Muslimin masuk ke kamar belakang menemui kedua orang tuanya serta memohon maaf dalam keadaan muntah-muntah dan kemudian Kopda Muslimin berbaring di tempat tidur.

"Kemudian pada pukul 07.00 WIB Kopda Muslimin ditemukan meninggal dunia oleh orang tuanya di tempat tidur. Mengetahui kejadian tersebut, adik korban langsung melapor ke Kodim 0715/Kendal," tulis keterangan yang diunggah akun resmi Instagram Kodam IV/Diponegoro @kodam_diponegoro, Kamis (28/7).

"Secepatnya akan dilaksanakan proses autopsi kepada jenazah Kopda M untuk mengetahui penyebab pasti meninggalnya," kata Kapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Bambang Hermanto dalam keterangannya.

Pukul 11.41 WIB

Sementara itu, jenazah Kopda Muslimin sudah dibawa dari TKP menuju RS Bhayangkara, Semarang. Tindakan autopsi jenazah akan dilakukan di rumah sakit milik kepolisian tersebut.

Pukul 11.41 WIB, ambulans yang membawa jenazah sudah tiba di RS Bhayangkara.

"Ya dibawa ke RS Bhayangkara Semarang. Mau autopsi," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy lewat pesan singkat, Kamis (28/7).



Simak Video "Suasana Terkini di Lokasi Penemuan Mayat Kopda Muslimin"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)