Tak Tahu Cara Matikan iPhone, Maling Gaptek di Semarang Tertangkap

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Rabu, 13 Jul 2022 20:13 WIB
Polrestabes Semarang mengungkap kasus pencurian HP iPhone 13 Pro Max, Rabu (13/7/2022).
Polrestabes Semarang mengungkap kasus pencurian HP iPhone 13 Pro Max, Rabu (13/7/2022). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng
Semarang -

Nasib dua pencuri yang beraksi di Semarang ini sungguh apes. Mereka mencuri sebuah HP jenis iPhone 13 Pro Max. Namun mereka ternyata tidak bisa mematikan HP itu sehingga polisi bisa melacak dan menangkapnya.

Maling apes itu bernama Totok Arianto dan Garin Nugroho yang merupakan warga kampung Tanjung Mas Semarang. Mereka beraksi di Jalan Kokrosono Semarang pada Senin (11/7/2022) pagi.

Korban pencurian itu merupakan seorang wanita yang sedang mengendarai motor dengan tas yang sedikit terbuka.


"Pelaku melihat ada pengendara di depannya dengan bawa tas yang sedikit terbuka dan kelihatan handphonenya. Muncul niat pelaku untuk ambil dengan memepet korban. HP-nya diambil," kata Kasatreskrim Polrestabes Semarang, AKBP Donny Lumbantoruan, Rabu (13/7/2022).

Saat menyadari bahwa HP yang dibawanya raib, wanita itu langsung melapor ke polisi. Dalam waktu singkat polisi berhasil melacaknya lantaran HP itu dalam kondisi masih aktif.

Ternyata, kedua maling itu tidak tahu cara mematikan iPhone tersebut. Bahkan, mereka sempat bingung lantaran HP itu berdering berkali-kali.

"Saya nggak tahu cara matiin Iphone-nya, pak," ujar salah satu pelaku, Garin.

Pencuri lainnya, Totok juga menyatakan hal yang sama. Dia mengaku belum pernah memegang iPhone sehingga tidak bisa mematikan perangkat tersebut.

Mereka juga pasrah saat pemilik HP mencoba menghubungi nomor di iPhone tersebut.

"HP-nya ditelepon terus, bunyi terus. Nggak tahu cara silent juga," kata Garin.

Aksi keduanya pun berakhir setelah iPhone tersebut terlacak dan polisi datang untuk melakukan penangkapan. Ternyata mereka memang kerap melakukan pencurian handphone.

"Saya sudah 5 kali (mencuri HP). Biasanya bukan iPhone," ujar Garin.

Kini mereka diamankan di Mapolrestabes Semarang. Keduanya dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.



Simak Video "Ada Kontroler Game PS4 di iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)