Kabur dari Pemeriksaan Polisi, Warga Magetan Nekat Curi Motor di Sawah

Muhammad Aris Munandar - detikJateng
Kamis, 19 Mei 2022 15:37 WIB
Pencurian sepeda motor dengan kunci kunci later T.
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi. (Foto: Dikhy Sasra)
Wonogiri -

Seorang pria asal Magetan, Jawa Timur, mencuri sebuah sepeda motor di areal persawahan yang berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri. Pria berinisial AS (49) itu ternyata mencuri saat lari dari sebuah pemeriksaan di kantor polisi.

"Pencurian sepeda motor terjadi Rabu (18/5), sekitar pukul 08.30 WIB," kata Kapolsek Jatisrono, AKP Sukardi, saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/5/2022).

Dia menjelaskan, salah satu petani bernama Sutimin (59) pergi ke sawah mengendarai sepeda motor jenis Honda Supra X 125. Dia lantas memupuk padi di sawahnya.


"Sementara itu sepeda motornya diparkirkan di pinggir sawah dan kuncinya masih menggantung di sepeda motor," ungkap dia.

Tak lama kemudian, korban melihat ada seorang pria yang berjalan menghampiri sepeda motornya. Pria tersebut lantas melarikan sepeda motor itu.

"Orang tidak dikenal tadi mengatakan mau meminjam sepeda untuk dibawa ke selepan. Saat itu korban melarang karena tidak kenal dengan orang itu. Namun orang tak dikenal itu membawa pergi sepeda motor," ujar Sukardi.

Lantaran sepeda motornya dirampas orang tak dikenal, Sutimin lantas melapor ke Polsek Jatisrono. Polisi kemudian melakukan pengejaran.

Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi berhasil mengendus tempat tinggal pria tersebut. Polisi lantas menangkap pelaku sekaligus mengamankan motor curian itu di sebuah indekos di Keluragan Giripurwo, Wonogiri.

Dalam pemeriksaan itu, terungkap pula bahwa pria itu mencuri motor lantaran kabur dari pemeriksaan polisi. Sebelum mencuri, pelaku diperiksa di Polsek Slogohimo atas laporan pemalsuan surat permintaan sumbangan untuk pembangunan masjid.

"Pelaku dimintai keterangan sebagai terlapor. Setelah diperiksa, pelaku pura-pura beristirahat dan kemudian pergi meninggalkan Polsek Slogohimo dengan berjalan kaki. Sampai akhirnya mengambil sepeda motor itu di Jatisrono," pungkas Sukardi.



Simak Video "Polisi Ringkus 14 Pelaku Curanmor di Cianjur, 4 di Antaranya Residivis"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/sip)