7 Tahanan Polres Boyolali Kabur, 3 Berhasil Ditangkap Lagi

Jarmaji - detikJateng
Kamis, 07 Apr 2022 14:36 WIB
Gedung Satreskrim Polres Boyolali.
Gedung Satreskrim Polres Boyolali. Foto: Jarmaji/detikJateng
Boyolali -

Sebanyak tujuh orang tahanan kabur dari ruang tahanan Mapolres Boyolali. Tiga di antaranya sudah berhasil ditangkap kembali.

"Betul, ada tahanan melarikan diri di Rutan (Rumah Tahanan) Polres Boyolali. Ada sekitar 7 orang tahanan," kata Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin saat dimintai konfirmasi, Kamis (7/4/2022).

Rumah tahanan Polres Boyolali berada di gedung Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim). Di bagian belakang Mapolres Boyolali.


Kaburnya tujuh tahanan tersebut diketahui pada Rabu (6/4) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB. Diketahui kali pertama oleh petugas jaga, yang hendak memberikan makan sahur untuk tahanan. Namun ternyata ada tujuh tahanan yang sudah tidak ada di ruangannya.

Tujuh tahanan yang kabur itu, jelas Asep, merupakan tersangka dari sejumlah kasus berbeda. Antara lain kasus narkotika dan perjudian.

Mereka melarikan diri diduga dengan cara menggergaji jeruji besi yang ada di plafon, bagian atas ruang terbuka di dalam Rutan Polres Boyolali. Kemudian mereka naik ke atas dan lompat tembok belakang Mapolres.

Atas kejadian tersebut, pihaknya langsung memerintahkan anggotanya untuk segera melakukan pengejaran ke berbagai wilayah di Boyolali.

"Dari hasil pencarian alhamdulillah tiga orang sudah berhasil kita tangkap kembali dan sudah kita masukkan lagi ke dalam sel tahanan Rutan Polres Boyolali," ujar Asep.

Menurut Asep, ketiga tahanan itu berhasil ditangkap kembali oleh petugas pada Rabu (6/4) kemarin. Ditangkap lagi oleh petugas masih di sekitar wilayah Boyolali, perbatasan dengan Klaten.

Tahanan yang telah berhasil ditangkap kembali itu pun telah dijebloskan lagi ke dalam sel. Petugas pun melakukan pemeriksaan terhadap aksi nekatnya itu.

"Masih kita dalami. Gergaji dari mana, siapa yang dapat gergaji. Kita periksa" imbuh dia.

Kini, petugas masih mengejar empat tersangka lainnya.

"Untuk sisanya (empat tahanan lain) masih dalam pengejaran. Mohon doanya supaya bisa cepat tertangkap," kata Asep.

Asep menambahkan, pihaknya melakukan pemeriksaan internal kepada petugas jaga pada saat kejadian. Jika nantinya ditemukan ada unsur kelalaian dari petugas, maka akan diproses lebih lanjut terkait dengan pelanggaran disiplin.

"Kami pun secara internal melakukan pemeriksaan terhadap petugas yang melaksanakan piket jaga tahanan pada malam hari itu, pada saat kejadian. Ya nanti dari hasil pemeriksaan, manakala ada unsur-unsur kelalaian dari petugas, ya nanti tentu saja akan ada proses lebih lanjut untuk pelanggaran disiplin dari petugas yang lalai dalam melaksanakan tugas," tandasnya.



Simak Video "Aksi Penangkapan Dua Tahanan Lapas Lubuklinggau yang Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ams)