Pelaku Begal Payudara yang Viral di Sragen Ditangkap!

Ari Purnomo - detikJateng
Kamis, 27 Jan 2022 15:04 WIB
Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi saat rilis kasus begal payudari di Mapolres, Kamis (27/1/2022).
Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi saat rilis kasus begal payudari di Mapolres, Kamis (27/1/2022). (Foto: dok. istimewa)
Sragen -

Aksi begal payudara bergentayangan meresahkan warga Sragen hingga viral di media sosial. Petugas akhirnya berhasil melacak dan menangkap pelaku di rumah.

Pelaku berinisial FP (25), ditangkap di rumahnya di Sragen Wetan. Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi menjelaskan, penangkapan pelaku ini bermula dari unggahan di media sosial beberapa waktu lalu.

"Dari laporan itu kemudian kita lakukan tindak lanjut dan korbannya membuat laporan lalu kita melakukan penyelidikan dan mengamankan pelaku dan sudah kami tetapkan sebagai tersangka," kata Yuswanto saat dihubungi detikJateng, Kamis (27/1/2022).

Dari pengakuan sementara, lanjut Ardi, pelaku melakukan aksinya sebanyak dua kali yakni di bawah jembatan tol di jalan Gemolong-Sragen Kecamatan Sidoharjo dan di dekat SPBU Gumantar, Kecamatan Karangmalang.

"Kalau motif pelaku, belum jelas. Dari keterangan tersangka ini masih kurang jelas, makanya kita konsultasikan ke psikiater," ujarnya.

Ardi menyebut, untuk memastikan kondisi kejiwaannya, saat ini tersangka masih dilakukan observasi di psikiater. Meski begitu, lanjutnya, unsur-unsur pidana atas perbuatan tersangka sudah terpenuhi.

"Modus tersangka saat beraksi yakni dengan membelakangi, memepet korban. Saat posisi sudah di sampingnya tersangka ini langsung melakukan pelecehan," urainya.

Mengenai jumlah korban, Ardi mengatakan, saat ini ada dua orang yakni MH dan AA. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 289 KUHP tentang Pencabulan.

"Ancaman hukumannya sembilan tahun penjara," pungkas Ardi.

Sebelumnya diberitakan, pelaku begal payudara bergentayangan di Sragen, Jawa Tengah. Beberapa wanita mengaku menjadi korban aksi bejat pelaku.

Unggahan tentang aksi begal payudara ini viral di media sosial, di antaranya diunggah akun Instagram @icws_infocegatanwilayahsragen, Minggu (23/1). Akun ini mengunggah tangkapan layar obrolan berisi laporan dua wanita yang mengaku menjadi korban begal payudara, serta sebuah foto yang diduga pelaku begal payudara.

Kedua korban mengaku dilecehkan oleh pelaku di dua lokasi berbeda, yakni di daerah Buk Abang, Sidoharjo dan dekat SPBU Gumantar, Karangmalang. Kedua korban juga menyebut ciri-ciri pelaku mirip dengan foto yang diunggah.



Simak Video "Mahasiswa di Bali 17 Kali Begal Payudara: Ada Kepuasan Tersendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)