Contoh Percakapan Bahasa Jawa, dari Tingkat Ngoko hingga Krama

Contoh Percakapan Bahasa Jawa, dari Tingkat Ngoko hingga Krama

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 25 Okt 2022 01:01 WIB
Ilustrasi orang atau adat Jawa.
Ilustrasi orang atau adat Jawa. Foto: Agto Nugroho/Unsplash
Solo -

Bahasa Jawa merupakan bahasa yang dituturkan oleh suku Jawa. Tak hanya digunakan dalam percakapan sehari-hari, beberapa kata atau istilah dalam Bahasa Jawa juga sering muncul dari pernyataan tokoh atau pejabat di Jawa Tengah ketika diwawancarai wartawan. Berikut contoh percakapan Bahasa Jawa.

Dikutip dari buku Sandhal Goreng: Antologi Cerkak Peningkatan Kreativitas Penulisan Sastra Jawa 2010 terbitan Balai Bahasa Yogyakarta, berikut contoh percakapan Bahasa Jawa dalam kehidupan masyarakat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sehari-hari.

Contoh percakapan Bahasa Jawa berikut dikutip dari cerkak atau cerpen berbahasa Jawa dalam antologi yang disunting Yohanes Adhi Satiyoko.


Para pengarang cerkak ini tergabung dalam program Peningkatan Kreativitas Penulisan Sastra Jawa dari Balai Bahasa Yogyakarta. Saat itu para penulis ini masih berstatus siswa SMA dari Bantul dan Sleman, DIY.

Contoh Percakapan Bahasa Jawa Ngoko

1. Suwene Anggonku Ngenteni

Karya Agatha Elma

"Sis, handphoneku geter ki! Kayane ana tilpun," kandhaku lirih marang Siska.
"Delok sik sapa sing tilpun. Yen penting, izin ning kamar mandi wae," usule Siska.

Contoh percakapan Bahasa Jawa ini menceritakan tentang dua orang siswi SMA yang sedang mengikuti pelajaran di ruang kelas. Karena ponsel milik si tokoh utama bergetar, temannya yang bernama Siska menyarankan agar si tokoh utama izin ke kamar mandi untuk mengangkat telepon tersebut, siapa tahu ada kabar penting.

Contoh Percakapan Bahasa Jawa Krama

Futsal Ngombe

Karya Farieza Rahman

"Pak, kula kalih kanca-kanca badhe latiyan futsal wonten ing celak Mandala Krida," pamite Hisbul marang bapake.
"Ya, ngati-ati wae, Le. Nek wis rampung gek bali awe," ngendhikane Bapak.
"Injih, Pak, mangke kinten-kinten kulo wangsul jam sedasa dalu," Hisbul sumaur.

Contoh percakapan Bahasa Jawa ini menceritakan tentang seorang anak berpamitan kepada ayahnya untuk latihan futsal di dekat Stadion Mandala Krida Jogja. Kemudian ayahnya berpesan agar dia lekas pulang kalau sudah selesai. Si anak menjawab iya dan memperkirakan pulang pukul delapan malam.

Dalam contoh percakapan Bahasa Jawa ini, si anak menggunakan Bahasa Jawa krama sebagai penghormatan kepada ayahnya. Sedangkan ayahnya menggunakan Bahasa Jawa ngoko.

Tentang Kromo dan Ngoko

Untuk diketahui, dalam Bahasa Jawa ada beberapa tingkatan bahasa, yaitu Bahasa Jawa krama alus, krama, hingga ngoko. Perbedaan tingkat tutur itu tergantung pada siapa yang dituju.

Bahasa Jawa krama dan krama alus biasa digunakan dalam percakapan seorang yang lebih muda kepada yang lebih tua. Sedangkan Bahasa Jawa ngoko biasa digunakan dalam percakapan orang sebaya atau orang yang lebih tua kepada yang lebih muda.



Simak Video "Kondisi Karimunjawa Diterpa Cuaca Buruk, Ratusan Wisatawan Tertahan"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)