Fix! Bakal Ada Jalur Gowes di Tol Jogja-Solo, Ini Bocoran Desainnya

Fix! Bakal Ada Jalur Gowes di Tol Jogja-Solo, Ini Bocoran Desainnya

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Selasa, 20 Sep 2022 12:13 WIB
Progres pembangunan Tol Jogya-Bawen seksi 1.
Ilustrasi pembangunan tol. (Foto: dok. PT JJB)
Klaten -

Rencana pembangunan jalur khusus pesepeda di jalan Tol Jogja-Solo segera terealisasi. Pembangunan dibarengkan dengan kegiatan fisik tol.

"Informasinya disetujui. Kita tunggu realisasinya yang mungkin pembangunan bersamaan dengan pembangunan tol," ungkap Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya kepada detikJateng, Selasa (20/9/2022) siang.

Menurut Yoga, pembangunan jalur sepeda itu hanya di satu sisi ruas tol. Posisinya di luar pagar tol sehingga tidak masalah.


"Di satu sisi tepi tol, di luar pagar. Tapi masih di dalam tanah milik jalan tol, ya kita menyambut gembira," jelas Yoga.

Diwawancarai terpisah, Manajer Lahan dan Utilitas PT Jogja Solo Marga Makmur, Muhammad Amin menyampaikan rencana jalur gowes itu saat ini sedang dibuat desain. Jika sudah jadi, desain ini akan segera diajukan.

"Sedang dibikin desainnya, sedang dibikin. Dengan desain itu kita ajukan ke badan pelaksana jalan tol dan Bina Marga," papar Amin kepada detikJateng di Ngawen.

Menurut Amin, desain itu untuk melengkapi usulan berupa surat bupati yang diajukan Pemkab. Untuk jalur gowes itu akan menambah penetapan lokasi (penlok).

"Kemungkinan nambah. Nanti satu jalur dua lajur dengan lebar 3-5 meter," lanjutnya.

Amin mengatakan, jalur gowes ini akan dibangun sepanjang 42 kilometer. Jalur itu mulai dari Jawa Tengah sampai dengan Jogja.

"Tidak sampai YIA tapi Jawa Tengah sampai Yogyakarta tapi kita berharap sampai Purwomartani, Sleman. Mulainya dari Kartasura," imbuhnya.

Rencana pembangunan, kata Amin, akan dibarengkan dengan kegiatan fisik tol. "Nanti sekalian, kalau tol dulu malah merusak tatanan. Antara tol dengan jalur sepeda masih ada sela pengaman sehingga aman," pungkas Amin.

Desain sementara jalur sepeda di Tol Jogja-Solo.Desain sementara jalur sepeda di Tol Jogja-Solo. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng


Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/apl)