Penumpang Pesawat Mulai Stabil, Kawasan Tugu Malioboro YIA Ramai Pengunjung

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Minggu, 31 Jul 2022 12:27 WIB
Kondisi Kawasan Tugu Malioboro di Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY, Minggu (31/7/2022).
Kondisi Kawasan Tugu Malioboro di Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY, Minggu (31/7/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng).
Kulon Progo -

Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kian menggeliat seiring dengan meredanya kasus COVID-19. Hal ini membuat kawasan Tugu Malioboro YIA yang dulu sempat sepi jadi ramai kembali.

Saat pandemi ditambah adanya aturan pembatasan pergerakan masyarakat beberapa waktu lalu, YIA hanya mampu melayani tak lebih dari 2.000 penumpang per hari. Namun belakangan ini jumlah penumpang terus naik. Penumpang harian sekarang ada di kisaran 8.000 orang, jumlah ini naik jadi sekitar 11.000 orang ketika masuk akhir pekan.

Jumlah ini tetap stabil meski ada aturan baru soal perjalanan udara berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19.


"Jadi sejak diturunkannya surat edaran nomor 70 untuk internasional ini ternyata tidak ada pengaruh penurunan jumlah penumpang bahkan di saat weekend, Sabtu-Minggu ini saya lihat ada penambahan," ungkap Pelaksana Tugas (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, saat ditemui di YIA, Minggu (31/7/2022).

"Ya memang tidak signifikan tapi paling tidak stabil dari mulai Lebaran kemarin, rata-rata di angka 11.000, kemudian di hari biasanya di atas 8.000 artinya memang kondisi ini juga saya lihat tetap dimanfaatkan oleh pengguna jasa," imbuhnya.

Pandu mengatakan kondisi ini memungkinkan pihaknya menambah rute penerbangan di YIA. Dalam waktu dekat direncanakan ada beberapa rute baru baik untuk penerbangan internasional maupun domestik.

"Dalam waktu dekat ini kami juga membuka rute-rute yang lainnya terutama untuk internasional kami akan membuka rute Singapura, oleh dua maskapai, Insyallah salah satu maskapai di Bulan Agustus kemudian berikutnya di bulan September. Lalu, akhir tahun ini kita akan ketambahan kira-kira sekitar tiga sampai empat rute (domestik) untuk pesawat Air Asia, mudah-mudahan ini menambah semarak di bandara Yogyakarta International Airport," jelasnya.

Baca berita selengkapanya di halaman berikutnya...