4 Jurus Memilih Investasi yang Aman

Ahmad Rafiq - detikJateng
Rabu, 20 Jul 2022 23:04 WIB
Ilustrasi menabung, investasi, hemat,
Ilustrasi. Foto: Ari Saputra
Solo -

Saat ini ada beragam produk investasi yang bisa dipilih untuk perencanaan keuangan di masa depan. Masing-masing menawarkan potensi return yang berbeda. Tentu saja, masing-masing juga memiliki risiko berbeda.

Di tengah kondisi ekonomi yang berantakan karena pandemi ini, tawaran untuk investasi justru semakin banyak. Tak jarang tawaran itu ternyata hanya penipuan belaka. Sejumlah kementerian dan lembaga sampai-sampai membentuk Satgas Waspada Investasi untuk melindungi masyarakat.

Masyarakat juga diminta meningkatkan pengetahuannya untuk memilih investasi yang menguntungkan namun juga aman. Pengamat perbankan, keuangan, dan investasi dari UGM, I Wayan Nuka Lantara membagikan beberapa tips untuk memilih investasi.


1. Kenali Instrumen Investasi

Menurut Nuka, calon investor harus mencari informasi selengkap mungkin mengenai investasi yang akan diambil.

"Pahami informasinya sedetail mungkin, pahami karakteristik produknya," kata I Wayan Nuka seperti dikutip dari ugm.ac.id, Rabu (20/7/2022).

Informasi bisa diperoleh melalui testimoni dari pengguna atau sumber yang kredibel. Selain itu informasi juga bisa diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Cek Kemampuan Diri

Menurut Nuka, calon investor harus bisa mengukur kemampuannya untuk berinvestasi. Selain itu, calon investor juga harus menyesuaikan dengan tujuan dan kemampuan diri secara finansial.

Dia mencontohkan, orang yang menjelang memasuki masa pensiun sangat tidak disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk bitcoin.

"Tidak cocok karena waktu tinggal berapa tahun pensiun dan terlalu berisiko kan bahaya," papar Dosen Departemen Manajemen FEB UGM ini.

3. Cek Perusahaan Penyelenggara Investasi

Melakukan pengecekan terhadap perusahaan penyelenggara investasi wajib untuk dilakukan.

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kredibilitas perusahaan agar terhindar dari investasi bodong atau abal-abal.

4. Cek Legalitas Investasi

Masyarakat dapat melakukan pengecekan legalitas perusahaan investasi melalui OJK.

"Kalau ternyata perusahaan investasinya tidak ada izin OJK ya tidak usah dipilih," tegasnya.



Simak Video "JPU Bakal Hadirkan 7 Saksi Pelapor di Sidang Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)