Kesehatan

6 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Tahu

Tim detikHealth - detikJateng
Rabu, 20 Jul 2022 01:00 WIB
Ilustrasi Kolesterol
Ilustrasi kolesterol. Foto: shutterstock
Solo -

Kolesterol merupakan zat sejenis lemak yang sebenarnya sangat dibutuhkan di dalam tubuh manusia. Zat yang dihasilkan oleh organ hati itu dibutuhkan untuk metabolisme di dalam tubuh.

Namun, dalam kondisi tertentu, kolesterol bisa menjadi bahaya bagi tubuh manusia dan menjadi pangkal dari sejumlah penyakit yang mematikan.

Mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak akan menyebabkan kadar Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat meningkat. Kolesterol ini akan menumpuk di arteri sehingga menghambat aliran darah.


Beruntung, tubuh manusia sebenarnya juga memproduksi High-density lipoproteins (HDL) atau kolesterol baik. HDL akan mengangkut LDL yang menumpuk untuk dibawa ke organ hati untuk dieliminasi.

Namun, fungsi HDL ini tidak akan maksimal jika kadar LDL terlalu tinggi. Kolesterol akan semakin banyak menumpuk di pembuluh darah dan menjadi banyak masalah.

Endapan ini akan mempersulit darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri dan menyebabkan masalah di seluruh tubuh, terutama di jantung dan otak yang bisa berakibat fatal.

Sebaiknya Anda mengetahui gejala-gejala yang mungkin terjadi saat kadar kolesterol di dalam tubuh tinggi. Hal ini perlu diketahui agar kita bisa melakukan penanganan secara tepat.

Gejala Kolesterol Tinggi

Dikutip dari detikHealth, ada beberapa gejala yang mungkin timbul saat kolesterol di dalam tubuh tinggi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Sakit Kepala

Salah satu gejala yang paling umum adalah sakit kepala. Saat kolesterol tinggi, bagian kepada yang sakit pada umumnya di bagian belakang.

Terkadang sakit kepala yang terjadi saat kolesterol tinggi cukup berat. Namun, rasa sakit ini bisa berangsur mereda saat kolesterol dalam tubuh turun.

2. Sesak napas dan nyeri dada

Tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai yaitu sesak napas dan dada terasa nyeri, terutama jika memiliki riwayat penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri pada dada.

3. Nyeri di bagian tengkuk

Nyeri di bagian tengkuk ini bisa disebabkan karena penumpukan plak. Ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak.

4. Mudah Mengantuk dan Lelah

Adanya plak dalam pembuluh darah membuat penderita kolesterol tinggi mudah merasa lelah dan mengantuk.

Plak tersebut menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jaringan tubuh sehingga tubuh kurang mendapatkan asupan aliran darah.

5. Obesitas dan diabetes

Orang yang mengalami obesitas atau pengidap diabetes berisiko memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

6. Impotensi

Impotensi pada pria dapat menjadi tanda kolesterol tinggi karena adanya penumpukan kolesterol jahat (LDL) pada pembuluh darah arteri. Ha itu membuat aliran darah menuju organ bawah tidak lancar.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)