Otomotif

Mobil Murah Suzuki S-Presso 'Masuk' ke Indonesia, Siap Dipasarkan?

Tim detikOto - detikJateng
Selasa, 19 Jul 2022 13:23 WIB
Suzuki S-Presso
Suzuki S-Presso (Foto: Cartoq)
Solo -

Penampakan Suzuki S-Presso viral di media sosial. Dalam foto yang diunggah oleh akun Instagram @indra_fathan pada (15/6) disebutkan bahwa foto tersebut di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Apakah ini pertanda siap dipasarkan di Tanah Air?

Dilansir detikOto, mobil itu menggunakan velg alloy seperti unit yang dijual di Filipina. Dalam instagram itu juga disebutkan di Filipina harganya 558 ribu peso atau berkisar Rp 162 juta.

Tanda-tanda kehadiran mobil murah Suzuki S-Presso ke Indonesia sudah tercium sejak pertengahan 2021 lalu. Nama S-Presso muncul pada website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham. Dalam pangkalan data kekayaan intelektual, S-Presso didaftarkan Suzuki Motor Corporation sejak 25 Maret 2021.


Suzuki S-Presso didaftarkan dengan nomor permohonan DID2021020609. Penamaan S-Presso ditunjukkan untuk berbagai komponen pada mobil, mulai dari suspensi, tangki bahan bakar, kaca spion, rem, tuas transmisi, dan lain sebagainya.

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Ismi Saputra, dalam beberapa kesempatan temu media selalu menolak menjawab jika ditanyai soal Suzuki S-Presso. Tapi tidak memungkiri jika Suzuki memiliki ketertarikan memasarkan model itu di Indonesia.

"Jadi untuk produk-produk yang akan kami luncurkan, akan kami informasikan pada saatnya. Iya tertarik (memasukkan S-Presso), tapi untuk produknya apa, nanti akan kami informasikan lagi," kata Donny kepada wartawan di Jakarta (10/6).

Sebagai informasi, Suzuki S-Presso sudah dijual di India sejak 2019. Mobil ini punya dimensi kompak dengan panjang 3.665 mm, lebar 1.520 mm, serta tinggi 1.549 mm sampai 1.564 mm, dan wheelbase 2.380 mm. Mobil ini tersedia opsi velg berukuran 13 inci dan 14 inci.

Sebagai mobil mungil dengan banderol murah, Suzuki S-Presso tak butuh mesin besar. Mobil ini cuma pakai mesin BS-VI K10B dengan kapasitas 1.000 cc tiga silinder. Mesin yang meminum bahan bakar bensin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 50 kW dengan torsi maksimal 90 Nm.

Ada pilihan transmisi manual 5 percepatan atau automated manual 5 percepatan. Dengan mengusung mesin kecil, Suzuki S-Presso diklaim irit. Konsumsi bahan bakarnya hanya 21,7 km/liter sampai 21,4 km/liter.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, Suzuki S-Presso sudah dibekali dua airbag, ABS dengan EBD, sensor parkir belakang, hingga sistem peringatan kecepatan tinggi.

Harga mobil ini di India tak lebih dari Rp 100 juta. Dikutip Carwale, Suzuki S-Presso paling murah dijual 439 ribu Rupee atau Rp 85 juta. Sedangkan tipe tertingginya 536 ribu Rupee atau sekitar Rp 103 juta.



Simak Video "Bank Jateng Gandeng KPK Tagih Kredit, 35 Debitur Nakal Siap Ngangsur"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/ahr)