Horee! Gaji ke-13 PNS Cair 1 Juli

tim detikFinance - detikJateng
Selasa, 21 Jun 2022 09:48 WIB
Uang Gaji
Ilustrasi. Foto: iStock
Solo -

Pemerintah segera mencairkan gaji ke-13 untuk para PNS. Rencananya, gaji tersebut akan cair pada 1 Juli 2022.

"Pembayaran gaji ke-13 akan dilakukan mulai tanggal 1 Juli," ungkap Direktur Pelaksanaan Anggaran Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Tri Budhianto seperti dikutip dari detikFinance, Selasa (21/6/2022).

Menurutnya, satuan kerja pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara sudah bisa mencairkan gaji itu pada 23 Juni. Kemudian mereka akan melakukan rekonsiliasi dan pencocokan data.


Tahapan selanjutnya, mereka bisa mengajukan surat permintaan (SPM) gaji pada 24 Juni. Diharapkan, proses itu bisa berjalan lancar sehingga gaji ke-13 itu bisa dinikmati para PNS tepat pada 1 Juli 2022.

"Proses pencairan diatur lebih cepat mulai tanggal 23 Juni sebagai bagian dari pelayanan DJPb dan merupakan strategi agar tidak terjadi bottleneck pencairan dana di tanggal 1 Juli. Dengan demikian diharapkan pada tanggal 1 Juli sebagian besar satker sudah dapat dibayarkan gaji ke-13-nya," papar Tri.

Meski demikian, pihaknya juga masih akan memberikan pelayanan kepada para satker yang mengajukan pencairan setelah 1 Juli. Sebab, kecepatan proses pencairan tergantung pada petugas di satker.



Simak Video "Jokowi Cairkan THR PNS dan Gaji ke-13 untuk ASN hingga TNI-Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)