Harga Daging Sapi di Boyolali Tembus Rp 150 Ribu/Kg, Ayam Rp 44 Ribu/Kg

Jarmaji - detikJateng
Minggu, 01 Mei 2022 14:03 WIB
Pedagang daging di Pasar Boyolali Kota, Boyolali, Minggu (1/5/2022).
Pedagang daging di Pasar Boyolali Kota, Boyolali, Minggu (1/5/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng
Boyolali -

Harga daging sapi dan ayam di sejumlah pasar tradisional di Boyolali mengalami kenaikan mendekati hari Raya Idul Fitri atau lebaran 2022. Harga daging sapi mencapai Rp 150 ribu/kg, sementara daging ayam Rp 44 ribu/kg.

"Harga daging sapi Rp 150 ribu/kg," kata Minah, pedagang daging sapi di Pasar Boyolali Kota, Minggu (1/5/2022).

Kenaikan harga daging tersebut sudah berlangsung dua hari ini, atau sejak Sabtu (30/4). Menurut dia, permintaan daging sapi dari masyarakat memang meningkat sejak kemarin.

Hal senada disampaikan pedagang daging lainnya, Endang, yang mengatakan harga daging sapi naik sejak kemarin. Saat ini harga daging sapi berkisar Rp 140 ribu sampai Rp 150 ribu/kg.

"Iya, naik sejak kemarin. Sekarang harganya Rp 140 ribu-Rp 150 ribu per kilogram," ujarnya.

Harga daging ayam juga mengalami kenaikan sejak tiga hari ini. Pedagang daging ayam di Boyolali, Prihatin, mengatakan harga naik dari Rp 40 ribu/kg menjadi Rp 43 ribu/kg.

"Harganya Rp 43 ribu/kg. Naik sejak tiga hari lalu," jelas Prihatin.

Pedagang daging di Pasar Boyolali Kota, Boyolali, Minggu (1/5/2022).Pedagang daging di Pasar Boyolali Kota, Boyolali, Minggu (1/5/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng

Pantauan detikJateng di pasar Boyolali Kota pukul 11.00 WIB, banyak masyarakat yang mengunjungi pasar yang berada di tengah kota Boyolali itu. Pedagang daging juga masih banyak yang menjajakan dagangannya.

Tak hanya di los daging yang cukup ramai, di kios-kios pedagang kue lebaran juga terpantau ramai pembeli. Selain itu juga di kios-kios kebutuhan dapur.

Sementara kondisi di Pasar Sunggingan lebih ramai lagi. Pasar yang juga di tengah kota Boyolali ini dipadati masyarakat yang hendak berbelanja kebutuhan lebaran.

Harga daging sapi di Pasar Sunggingan ini sama dengan di Boyolali Kota, yaitu Rp 150 ribu/kg. Sementara harga daging ayam di pasar ini Rp 44 ribu/kg.

Budi, pedagang daging ayam di Pasar Sunggingan mengatakan, permintaan daging ayam memang biasa mengalami peningkatan pada H-2 dan H-1 lebaran. Pada Sabtu (30/4) kemarin, warga Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolali Kota itu berhasil menjual daging ayam sebanyak 1 ton.

"Harga daging ayam sekarang Rp 44 ribu/kg. Ya biasa kalau mau lebaran ramai seperti ini. Saya jualan mulai jam 07.00 WIB sampai jam 16.00 WIB. Kemarin saya bisa menjual sekitar 1 ton (daging ayam). Kalau hari ini belum tahu ini, sepertinya nggak nyampai 1 ton," kata Budi.

Tak hanya pedagang daging, kue lebaran maupun kebutuhan dapur saja, namun jasa penggilingan daging juga meraup cuan jelang lebaran ini. Seperti terlihat di jasa penggilingan daging di Pasar Boyolali Kota, antre warga yang hendak menggilingkan daging untuk dibuat bakso.

"Saya mau menggilingkan daging ayam dan sapi, buat bakso," kata Ahmad, warga Kelurahan Siswodipuran, Boyolali Kota.



Simak Video "Harga Daging Sapi-Ayam di Pasar Kebayoran Lama Naik Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)