Halim Perdanakusuma Direvitalisasi, Bandara Blora Setop Penerbangan Komersial

Febrian Chandra - detikJateng
Selasa, 05 Apr 2022 20:10 WIB
Kondisi terminal bandara udara Ngloram, Cepu, Kabupaten Blora
Bandara Ngloram, Blora. (Foto: Febrian Chandra)
Blora -

Adanya program revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma berdampak pada penerbangan di Bandara Ngloram, Blora, Jawa Tengah. Saat ini bandara yang baru saja diresmikan itu tidak memiliki aktivitas penerbangan komersil.

"Bandara Halim Perdanakusuma sudah buka belum? Kalau belum buka terus gimana coba. Ya untuk sementara penerbangan komersial kita berhenti operasional," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewandaru Ariadi Widiawan saat dihubungi detikJateng, Selasa (5/4/2022).

Sebelumnya maskapai Citilink adalah satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan di Bandara Ngloram. Maskapai ini melayani rute Bandara Halim Perdanakusuma ke Ngloram dan sebaliknya.


Ariadi menjelaskan, maskapai Citilink sebelumnya juga telah mengubah rute penerbangan dari Blora ke Jakarta transit ke Bandara Juanda, Surabaya. Namun sepertinya rute tersebut tidak diminati oleh penumpang dan pada akhirnya rute tersebut ditiadakan.

"Saya rasa konektivitasnya nggak masuk. Rute tersebut juga sifatnya uji coba dan hanya berjalan dua kali," terangnya.

Hingga saat ini belum ada kejelasan kapan maskapai Citilink akan kembali mendaratkan pesawatnya di bandara yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Desember 2021 lalu itu. Meski begitu Bandara Ngloram tetap melayani penerbangan jenis carter.

"Kalau penerbangan khusus carter Bandara Ngloram masih bisa melayani. Seperti kemarin misalnya, ada kunjungan Kabareskrim dan rombongan turunnya di sini (Ngloram)," katanya.

"Terkait dibuka kapan penerbangan komersil ya nunggu Halim Perdanakusuma di buka. Kan pesawatnya berangkatnya dari sana. Sampai kapan? Coba tanyakan ke Halim," lanjut Dewandaru.

Ariadi menjelaskan, sebelum Bandara Halim Perdanakusumakusuma direvitalisasi, jadwal penerbangan rute Blora-Jakarta dibuka dua kali seminggu.

"Sebelumnya layanan penerbangan seminggu dua kali kan, Senin dan Jumat," jelasnya.



Simak Video "Pedagang UMKM Blora Deg-degan Jokowi Beli Jaket Bermotif Garuda"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/ams)