Momen Jokowi Gendong Kaesang yang Basah Kuyup Usai Siraman

Momen Jokowi Gendong Kaesang yang Basah Kuyup Usai Siraman

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 09 Des 2022 15:03 WIB
Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggendong putra bungsunya, Kaesang Pangarep, usai ritual siraman di kediamannya di Solo, Jumat (9/12/2022).
Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'menggendong' putra bungsunya, Kaesang Pangarep, usai ritual siraman di kediamannya di Solo, Jumat (9/12/2022). Foto: dok. Tim Media Kaesang-Erina
Solo -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'menggendong' putra bungsunya, Kaesang Pangarep, usai menjalani ritual siraman. Namun prosesi menggendong ini tidak dalam arti sebenarnya alias hanya simbolis.

Acara gendong menggendong itu dilakukan di kediaman Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022).

Jokowi mengenakan beskap warna pink fuschia lengkap dengan blangkon batik. Adapun Kaesang masih memakai jas handuk warna putih dan bawahan kain jarik. Rambut Kaesang tampak masih basah usai siraman.


Dalam prosesi gendongan itu, Kaesang terlihat mendekap Jokowi dengan erat dari belakang. Kemudian, kedua tangan Jokowi memegang tangan Kaesang yang seolah menggelayut di balik pundaknya.

Selanjutnya, ayah dan anak bungsunya itu sama-sama berjalan pelan melintasi sejumlah sanak kerabat yang mengabadikan momen menggunakan kamera ponsel.

Jika dilihat dari depan, Jokowi yang sedikit menundukkan tubuhnya itu memang tampak seperti menggendong Kaesang secara betulan. Namun, saat dilihat dari samping, tampaklah jika kedua kaki Kaesang tetap menapak lantai.

Dalam prosesi gendongan itu, Kaesang menunjukkan ekspresi meringis malu-malu. Meski demikian, prosesi tersebut tetap berlangsung khidmat.

Diberitakan sebelumnya, prosesi siraman Kaesang diawali dengan pemasangan bleketepe atau anyaman janur muda oleh Jokowi di depan kediamannya.

Selanjutnya, Kaesang melakukan sungkeman di hadapan Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Tampak Kaesang bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya itu.

Setelah acara tersebut, Kaesang menuju ke lokasi siraman dengan diiringi keluarga kedua kakaknya, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Kemudian prosesi siraman itu dilakukan dengan diawali penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita. Air tersebut diterima Gibran selaku perwakilan keluarga.

Tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan kediaman Solo.

Ketujuh air itu disatukan dalam dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang.



Simak Video "Aksi Warga Jelang Kirab Pernikahan Kaesang-Erina: Balas-Membalas Lagu"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)