Sejarah Hari Pneumonia Sedunia 12 November dan 5 Cara Mencegahnya

Sejarah Hari Pneumonia Sedunia 12 November dan 5 Cara Mencegahnya

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 11 Nov 2022 17:10 WIB
pneumonia
Ilustrasi pneumonia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sladic
Solo -

Hari Pneumonia Sedunia atau World Pneumonia Day diperingati tiap tanggal 12 November atau tepatnya pada Sabtu (12/11/2022) besok. Berikut sejarahnya serta serba-serbi pneumonia, dari gejala hingga cara mencegahnya.

Sejarah Hari Pneumonia Sedunia 12 November

Dilansir situs Pace Hospital, salah satu RS di India, Hari Pneumonia Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 12 November 2009.

Dalam artikel di pacehospital.com yang dikutip detikJateng pada Jumat (11/11/2022) disebutkan, peringatan Hari Pneumonia Sedunia itu di bawah inisiatif 'Stop Pneumonia'.


'Stop Pneumonia' merupakan nama gerakan dari Koalisi Global Melawan Pneumonia Anak, sebuah koalisi dari berbagai lembaga yang memerangi kematian anak akibat infeksi saluran pernapasan.

Gerakan 'Stop Pneumonia' mendapat dukungan besar di seluruh dunia. Berbagai lembaga pemerintah dan organisasi swasta turut mengadvokasi dan menerapkan kebijakan serta kampanye yang lebih baik untuk memerangi penyakit pneumonia.

Digaungkannya gerakan 'Stop Pneumonia' juga mendorong berbagai pihak untuk turut meningkatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah, di mana anak-anak menderita kekurangan gizi dan infeksi udara.

Serba-serbi Penyakit Pneumonia

Menurut Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam situs resminya, dinkes.ntbprov.go.id, pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan bakteri, virus, atau jamur yang membuat kantung udara berisi cairan atau nanah.

Akibatnya penyakit pneumonia, pasokan oksigen yang masuk ke tubuh dan beredar ke aliran darah jadi terhambat. Penyakit ini dapat menular lewat percikan cairan pernapasan saat penderita batuk, bersin, atau bernapas.

Penyakit Pneumonia tidak hanya menyebabkan kematian pada anak-anak. Pneumonia juga rentan menyerang orang tua berusia 50 tahun ke atas atau lansia. "Bahkan, semakin tua usia, semakin tinggi angka kematiannya akibat pneumonia tersebut," dikutip dari dinkes.ntbprov.go.id.

Mencegah Penyakit Pneumonia

Penyakit pneumonia ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Setidaknya ada lima langkah hidup sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah pneumonia, yang disingkat dengan istilah CERDIK, yaitu:

  • Cek kesehatan secara berkala
  • Enyahkan asap rokok
  • Rajin aktivitas fisik
  • Diet seimbang
  • Istirahat yang cukup dan Kelola stres.


Simak Video "Gejala Pneumonia Misterius yang Tewaskan 4 Orang di Argentina"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)