Hari Cerebral Palsy Sedunia 2022, Sejarah dan Tujuan Peringatannya

Hari Cerebral Palsy Sedunia 2022, Sejarah dan Tujuan Peringatannya

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 06 Okt 2022 00:02 WIB
sepatu anak cerebral palsy
Sepatu anak dengan cerebral palsy. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Solo -

Setiap 6 Oktober diperingati sebagai Hari Cerebral Palsy Sedunia atau World Cerebral Palsy. Momen tersebut diperingati sejak satu dekade lalu.

Dikutip dari laman worldcpday.org, peringatan Hari Cerebral Palsy Sedunia diinisiasi oleh Aliansi Cerebral Palsy pada 2012 silam. Peringatan itu digagas untuk menyatukan orang-orang yang hidup dengan cerebral palsy, keluarga mereka, pendukung, dan organisasi di lebih dari 100 negara.

Tujuan adalah untuk memastikan masa depan di mana anak-anak dan orang dewasa dengan cerebral palsy memiliki hak, akses, dan peluang yang sama seperti orang lain di masyarakat kita.


Di laman tersebut disebutkan, ada lebih dari 17 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan cerebral palsy. Sebanyak 350 juta orang lainnya berhubungan erat dengan anak atau orang dewasa dengan cerebral palsy.

Sedangkan di laman Kementerian Kesehatan RI disebutkan bahwa cerebral palsy merupakan suatu keadaan yang mempengaruhi perkembangan kontrol otot dan gerak serta postur.

Kondisi tersebut terjadi akibat kerusakan otak pada bagian yang mengontrol gerakan. Akibatnya adalah munculnya disabilitas yang permanen seperti di antaranya kelemahan otot, dan kekakuan.

Adapun penyebab dari cerebral palsy adalah kerusakan pada otak yang bisa terjadi lantaran beberapa sebab, di antaranya adalah faktor risiko masa kehamilan, saat persalinan maupun setelah lahir.

Para pengidap cerebral palsy pada umumnya membutuhkan rehabilitasi jangka panjang. Hal ini membuat mereka membutuhkan akses layanan kesehatan.

Mereka juga membutuhkan fasilitas penunjang lain agar tetap bisa berhak hidup seperti orang lain pada umumnya dengan ketersediaan fasilitas sarana pendidikan serta aksesibilitas di tempat umum.



Simak Video "Icha, Kisah Hidup Mandiri Perempuan Cerebral Palsy "
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ams)