Soal 'Rumah Ganjar' yang Disentil PDIP, Ganjar: Weleh, Aku Ra Ngerti

Soal 'Rumah Ganjar' yang Disentil PDIP, Ganjar: Weleh, Aku Ra Ngerti

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Sabtu, 01 Okt 2022 12:45 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Solo, Sabtu (1/10/2022).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Solo, Sabtu (1/10/2022). (Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng)
Solo -

Politis PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menanggapi kemunculan 'Rumah Ganjar' yang belakangan disentil PDIP. Ganjar mengaku tak tahu menahu.

"Rumah opo? Weleh, aku ra ngerti," kata Ganjar saat berkunjung ke Kampung Batik Kauman, Kota Solo, Sabtu (1/10/2022).

Rumah tersebut diketahui dibuat oleh 18 relawan Ganjar Pranowo bergabung ke dalam satu wadah dan satu tempat bernama Rumah Ganjar. Para relawan Ganjar itu ditugaskan untuk membangun narasi dan strategi propaganda untuk berperang opini melawan capres lainnya. Tujuannya yakni mendukung Ganjar sebagai capres di 2024.


Gubernur Jawa Tengah itu mengaku belum mendapatkan laporan, maupun berkomunikasi soal Rumah Ganjar itu.

"(Laporan) Saya malah belum tahu. (Komunikasi) Tidak," ujarnya.

Seperti dilansir detikX, Rumah Ganjar memiliki peran tersendiri yakni sebagai koordinator dan penyedia kebutuhan para relawan. Termasuk bertugas melakukan pemetaan di daerah dan menyediakan bahan propaganda politik bagi para relawan.

Namun, saat ini mereka masih enggan terbuka ke publik lantaran menghindari benturan dengan PDIP. Namun terkait sumber pendanaan, narasumber detikX membeberkan Rumah Ganjar dikomandani oleh salah satu komisaris anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang migas.

Lokasi Rumah Ganjar ini di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di sebuah rumah yang disewa dengan biaya Rp 600-an juta. Markas Rumah Ganjar ini berada di kawasan perumahan elite dengan bangunan dua lantai berkelir putih dengan gerbang tinggi warna cokelat yang terbuat dari kayu.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, heran pembentukan 'Rumah Ganjar' itu tidak melalui izin Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Sebab, Ganjar masih menjadi kader PDIP. Oleh karena itu, menurutnya, Ganjar harus mengikuti mekanisme dan aturan yang ada di PDIP.

"Kalau ada relawan-relawan yang membuat ini itu ini itu ya itu haknya relawan, tetapi relawan ini yang mestinya tahu bahwa itu Ganjar kader PDI Perjuangan, kenapa kok nggak minta izin ketua umum?" kata Pacul kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (30/9/2022).



Simak Video "Ganjar Jawab Isu Dilarang ke Luar Jateng: Boleh Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)