Ditanya Soal Relawan 'Rumah Ganjar', Begini Kata Gubernur Jawa Tengah

Ditanya Soal Relawan 'Rumah Ganjar', Begini Kata Gubernur Jawa Tengah

Tim detikNews - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 17:41 WIB
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Solo -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku tak tahu soal 'Rumah Ganjar' yang dibentuk 18 relawannya. Ganjar juga mengatakan dirinya tidak pernah membentuk relawan untuk mendukungnya maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Malah nggak tahu saya. Wong saya nggak pernah membentuk soalnya " kata Ganjar di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2022), dikutip dari detikNews.

Dilansir detikNews, sebanyak 18 relawan Ganjar Pranowo disebut bergabung ke dalam satu wadah dan satu tempat bernama Rumah Ganjar.


Para relawan Ganjar itu ditugaskan untuk membangun narasi dan strategi propaganda untuk berperang opini melawan capres lainnya.

Dikutip detikNews dari detikX, Rumah Ganjar memiliki peran tersendiri yakni sebagai koordinator dan penyedia kebutuhan para relawan. Termasuk bertugas melakukan pemetaan di daerah dan menyediakan bahan propaganda politik bagi para relawan.

Namun, mereka masih enggan terbuka ke publik untuk menghindari benturan dengan PDIP. Soal sumber pendanaan, narasumber detikX mengungkapkan Rumah Ganjar dikomandani oleh salah satu komisaris anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang migas

"Mereka belum secara resmi pakai nama Rumah Ganjar. Sepertinya di pertemuan lanjutan akan pakai nama lain, sampai nanti jelas Ganjar dapat tiket dari partai," kata salah satu relawan yang enggan diungkap identitasnya kepada detikX.

Markas Rumah Ganjar ini disebut berada di kawasan perumahan elite di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rumah dua lantai berkelir putih dengan gerbang tinggi warna cokelat dari kayu itu disewa dengan tarif sekitar Rp 600-an juta.

"Sering di sana ada konsolidasi, ya ada juga kelompok relawan yang ambil dana di sana. Nggak semua, karena sebagian sudah ada juragannya masing-masing," ujar narasumber detikX.



Simak Video "Didukung PAN Jateng Nyapres, Ganjar: Kita Hormati"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)