Melihat Langsung Potret Diduga Nyai Saritem di Ungaran

Melihat Langsung Potret Diduga Nyai Saritem di Ungaran

Ria Aldila Putri - detikJateng
Rabu, 28 Sep 2022 18:32 WIB
Nyai Saritem
Potret Nyai Saritem. Foto: Ria Aldila Putri/detikJateng
Semarang -

Potret nyonya Jawa yang beredar di internet, belakangan mencuri perhatian karena dikaitkan dengan sosok Nyai Saritem. Diketahui pula potret ini pertama kali muncul di laman online Kedai Barang Antik milik Ronny Mediono.

Ronny Mediono pertama kali menemukan Potret Nyonya Jawa ini saat ia sedang hunting barang antik di suatu rumah di Jogja pada tahun 2003.

"Udah dari lama punya potret itu, udah lama dari 2003. Itu enggak sengaja dapatnya, ada bongkar rumah di Jogja, dibongkar satu rumah perabotnya mau dijual. Terus nemu ini visualnya bagus jadi saya ambil," ungkap Ronny kepada detikJateng di Kedai Barang Antik miliknya di Gunungpati Kabupaten Semarang, Selasa (27/9/2022)


Ronny sendiri sebenarnya sangsi apakah betul Potret Nyonya Jawa yang ia miliki ada sosok Saritem sebenarnya, karena ia sendiri pun tak tahu-menahu mengenai latar belakang potret yang ia punya.

"Saya kurang tahu itu siapa, latar belakangnya apa, saya kurang ngerti. Saya agak bingung kalau potret yang saya miliki diasumsikan jadi Nyai Saritem. Apalagi ke arah prostitusi," ujarnya

Ditanyai mengenai keaslian potret tersebut Ronny menjamin bahwa potret yang ia miliki adalah asli. Namun ia tak berani menjamin bahwa potret tersebut adalah Nyai Saritem ikon prostitusi terkenal di Bandung.

"Kalau autentiknya saya jamin autentik, tapi kalau itu sosok Nyai Saritem saya enggak berani jamin," tuturnya.

Nyai SaritemNyai Saritem Foto: Ria Aldila Putri/detikJateng

Ronny mengaku yang membuatnya tertarik membeli potret ini pada kala itu ialah visual dari potret ini yang menawan dan memikat hatinya.

"Saya enggak tahu asal-usulnya siapa dan bagaimana. Mungkin ahli warisnya sudah enggak tahu, ini mungkin dulu sudah ke cucunya, yang saya pikirkan waktu itu karena visualnya menarik saya langsung beli borongan bersama barang lainnya. Yang bikin saya tertarik itu biasanya visual, busana, cerita dibaliknya foto itu mungkin jadi acuan saya," jelas Ronny.

Potret nyonya Jawa yang di miliki Ronny berdimensi 13,5 cm × 8,5 cm dengan kertas photo merek Agfa dan bertinta hitam putih. Nampak usang memang namun potret tersebut tetap menawan.

Dalam potret itu pula nampak seorang wanita anggun, bersanggul dan berkebaya, lengkap dengan stagen dan jarit. Tak lupa aksesori giwang dan kalung dikenakannya.

Untuk diketahui potret nyonya Jawa yang dipercaya sebagai Nyai Saritem memiliki berbagai versi. Di satu versi, sebelum mendapatkan gelar nyai, Saritem adalah seorang gadis yang cantik belia. Pesonanya memikat seorang meneer Belanda, hingga akhirnya ia dijadikan gundik. Setelah beberapa lama, pembesar Belanda meminta Saritem untuk mencari perempuan lainnya sebagai teman kencan para tentara Belanda yang masih lajang.

Seiring berjalannya waktu, lokasi itu semakin ramai. Yang datang tak hanya prajurit yang masih lajang. Tetapi juga veteran atau prajurit yang sudah lanjut usia, bahkan pribumi pun turut tergoda untuk menikmati fasilitas di surga di dunia itu.

Dalam versi lainnya disebutkan juga sosok Nyai Saritem sebagai penyelamat bagi tunasulisa.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/aku)