MotoGP 2023

Tahun Depan, MotoGP Tambah 1 Seri Balapan di Kazakhstan

Tim detikSport - detikJateng
Selasa, 27 Sep 2022 18:06 WIB
MotoGP Kazakhstan digelar di Sokol Circuit pada tahun depan.
MotoGP Kazakhstan digelar di Sokol Circuit pada tahun depan. Foto: dok.MotoGP
Solo -

Tahun depan, MotoGP 2023 akan menambah satu seri balapan di Kazakhstan, tepatnya di Sokol Circuit, Almaty. Dilansir detikSport, Dorna menjalin kontrak selama lima tahun dan Kazakhstan menjadi negara ke-30 tempat diselenggarakannya MotoGP.

"Kejuaraan dunia MotoGP akan datang ke Kazakhstan! 2023 menjadi awal dari kontrak selama lima tahun di MotoGP dengan wilayah baru dengan Sirkuit Internasional Sokol bergabung ke dalam kalender," tulis pernyataan resmi motoGP dalam rilis yang diterima detikSport.

Walhasil, dengan bertambahnya satu seri balapan di Kazakhstan, MotoGP 2023 akan menyelanggarakan sebanyak 21 seri. Dari 21 seri tersebut, MotoGP Mandalika Indonesia juga termasuk di dalamnya.


Sokol Circuit menjadi lintasan ke-74 yang menjadi tempat berlangsungnya MotoGP.

Sementara itu, Dorna belum merilis kalender MotoGP 2023 secara penuh. Namun, disebutkan bahwa seri pembuka MotoGP 2023 pada 26 Maret tahun depan akan dilaksanakan di sirkuit Algarve, Portimao, Portugal. Sirkuit Losail tak menjadi seri pembuka MotoGP lagi karena sedang direnovasi.

Pada musim ini, balapan di Mandalika yang menjadi seri tambahan. Selain di Kazakhstan dan Indonesia, MotoGP juga digelar di empat negara Asia lainnya. Empat negara Asia itu Qatar, Jepang, Thailand, dan Malaysia. Mereka sudah lebih dulu menggelar kelas primer balap motor.

Sedangkan MotoGP Hongaria belum jadi menggelar race karena pembangunan sirkuit belum kelar. Sementara itu, Suzuki menarik diri dari MotoGP pada musim depan. RNF Racing akan menggunakan mesin Aprilia. Sedangkan tim Tech3 KTM akan mengganti namanya menjadi GasGas Factory Racing.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)