Video Kades di Grobogan Diduga Tenggak Miras di Mobil, Begini Kata Polisi

Video Kades di Grobogan Diduga Tenggak Miras di Mobil, Begini Kata Polisi

Manik Priyo Prabowo - detikJateng
Sabtu, 24 Sep 2022 19:33 WIB
Video viral Kades Saban Grobogan.
Video viral Kades Saban Grobogan. Foto: Tangkapan layar video viral
Grobogan -

Video pria yang diduga Kepala Desa Saban, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, viral di media sosial. Dalam video berdurasi 46 detik itu dinarasikan Kades Saban sedang menenggak minuman keras di dalam mobil.

Saat dimintai konfirmasi detikJateng, Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Deni Eko menyebutkan ada dua pelanggaran yang tampak dalam video tersebut.

"Nanti jika terbukti bahwa ada pelanggaran maka kami akan menindaknya. Ada dua pelanggaran, yakni menyetir dengan melakukan kegiatan lain (merekam video) dan pengemudi tidak mengenakan sabuk pengaman," kata Kasat Lantas AKP Deni Eko Prasetyo, Sabtu (24/9/2022).


Lebih lanjut Deni memaparkan, dugaan pelanggaran itu diatur dalam Pasal 283 dan 289 Undang Undang Lalu Lintas. Pasal 283 mengatur tentang larangan mengemudikan kendaraan bermotor tidak wajar dengan beraktivitas lain. Adapun Pasal 289 mengatur soal penumpang yang tidak mengenakan sabuk keselamatan.

Dalam video itu, pada detik ke-15 hingga detik ke-25 tampak Fachrudin bersama lelaki berkaos merah tua tidak mengenakan sabuk pengaman. "Kita masih dalami dan nanti akan kita tindaklanjuti dengan memanggil yang bersangkutan. Jika terbukti maka akan disangkakan dua pasal UU Lalulintas," lanjut Deni.

"Yang pasti kita (Satlantas) juga akan mendalami dulu di mana lokasi dan kapan waktu kejadiannya. Sedangkan untuk miras karena yang minum hanya penumpang maka itu ranah dari Satreskrim," imbuh Deni.

Secara terpisah Camat Gubug, Bambang Supriyadi, menjelaskan bahwa awalnya kasus tersebut sempat diselesaikan di Mapolsek Gubug. "Awalnya sudah kita selesaikan di Polsek Gubug dan alhamdulillah sudah selesai. Untuk yang diviralkan juga sudah dihapus," kata Bambang.

Sementara itu, saat dimintai konfirmasi, Kades Saban Fachrudin membenarkan pria dalam video tersebut adalah dirinya. Menurutnya hal itu hanya aksi main-main saja.

"Benar itu saya dan itu hanya main-main atau akting saja. Dalam mobil kebetulan ada botol kosong dan kita bikin adegan minum miras. Posisi memejamkan mata itu bukan menahan pahitnya miras, hanya adegan akting. Saya kan orang entertain," kata Fachrudin kepada detikJateng.

Fachrudin mengaku siap diperiksa kepolisian jika memang diperlukan.

"Saya tidak merekam dan saya siap diperiksa polisi jika dipanggil ke Polres Grobogan nanti," kata dia.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)