Bus Ugal-ugalan Tabrak Motor di Kulon Progo, 1 Orang Tewas

Bus Ugal-ugalan Tabrak Motor di Kulon Progo, 1 Orang Tewas

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Rabu, 21 Sep 2022 21:11 WIB
Kondisi motor yang ditabrak bus di Kulon Progo, Rabu (21/9/2022).
Kondisi motor yang ditabrak bus di Kulon Progo, Rabu (21/9/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng
Kulon Progo -

Kecelakaan lalu lintas melibatkan bus dengan sepeda motor terjadi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Insiden ini menewaskan seorang pengendara motor.

Kecelakaan ini terjadi di jalan nasional Jogja-Wates Km 18, Kalurahan Salamrejo, Kapanewon Sentolo, Rabu (21/9/2022) petang tadi. Kecelakaan melibatkan sepeda motor Yamaha R15 bernopol AB 6712 DP dan bus PO Efisiensi bernopol AA 7024 OD rute Cilacap-Jogja.

Kasat Lantas Polres Kulon Progo Iptu Johan Rinto Damar Jati mengatakan kecelakaan bermula saat bus yang dikemudikan Andika (29) warga Purworejo melaju dari arah Wates menuju Jogja. Sampai di lokasi bus ini berniat mendahului kendaraan di depannya.


Saat itu bus melanggar marka dua garis kuning tanpa putus dan masuk ke lajur lawan. Sedangkan dari arah berlawanan tengah melaju sepeda motor yang dikendarai oleh Satrio Adhi Nugroho (18), warga Dusun Dukuh, Kalurahan Karangsari, Kapanewon Pengasih. Tabrakan pun tak bisa terhindarkan.

"Karena jarak yang terlalu dekat laka lantas tidak bisa dihindari," kata Johan saat dimintai konfirmasi, Rabu (21/9) malam.

Johan menjelaskan tabrakan ini menyebabkan pengendara motor terpental hingga beberapa meter ke selatan jalan. Sedangkan sepeda motor ringsek parah hingga tak berbentuk.

"Kondisi motor rusak parah, sudah tak berbentuk," ungkapnya.

Adapun pengendara itu mengalami luka parah pada bagian kepala untuk selanjutnya dirujuk ke RSUD Nyi Ageng Serang. Sempat mendapat perawatan, korban dinyatakan meninggal dunia.

"Lukanya parah, terutama pada bagian kepala," ucapnya.

Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan ini. Adapun kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan telah diamankan di Mapolsek Sentolo sebagai barang bukti.

Ditemui di lokasi kejadian, salah satu saksi mata, Suryana menyebut bahwa kecelakaan disebabkan karena pengemudi bus ugal-ugalan. Ini karena bus tetap melaju kencang meski melanggar marka dan masuk ke lajur lawan.

"Yang bus itu tadi melanggar marka sampai akhirnya tabrakan. Dua kendaraan tadi kencang banget itu, makanya rusak parah," ucapnya.



Simak Video "Momen Dramatis Evakuasi Sopir Truk yang Tabrak Tronton di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)