Polisi Telusuri Unsur Kesengajaan Pembakaran Lahan di Dekat Tol Pejagan

Polisi Telusuri Unsur Kesengajaan Pembakaran Lahan di Dekat Tol Pejagan

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Senin, 19 Sep 2022 11:53 WIB
Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi.
Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi. (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Brebes -

Kepolisian mendalami penyebab asap tebal yang diduga menjadi penyebab kecelakaan maut di ruas tol Pejagan-Pemalang. Sumber kebakaran yang diduga rumput itu didalami apakah dibakar atau terbakar.

"Mengungkap penyebab terjadinya lakalantas saat ini kan ada dugaan ada asap menutupi pandangan," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy, di Mapolda Jateng, Senin (19/9/2022).

Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto, menambahkan pihaknya meminta bantuan Tim Labfor untuk melakukan olah TKP. Hal itu untuk mengetahui apakah pembakaran yang menyebabkan asap itu terjadi karena kesengajaan atau tidak.


"Terkait dibakar atau terbakar sendiri. Masih menunggu," kata Faisal.

Faisal menegaskan pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak terkait soal imbauan ke petani atau pemilik lahan untuk tidak membakar sembarangan.

"Memberikan imbauan. Berharap kepada para petani tidak lagi melakukan pembakaran. Dari kemarin melakukan imbauan ke instansi terkait agar tidak dilakukan pembakaran di lahan pertanian," jelasnya.

Untuk diketahui, kecelakaan terjadi tepatnya di Km 253 jalur A atau arah Semarang hari Minggu (18/9) sore. Ada 13 kendaraan yang terlibat dan satu pengemudi , M Singgih Andika tewas. Korban tewas merupakan anak dari Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung, Amir Yanto.

Kecelakaan beruntun diduga disebabkan adanya aktivitas pembakaran lahan pertanian. Asap pembakaran lahan tersebut menyebabkan pengemudi mobil mengalami gangguan jarak pandang.



Simak Video "Penampakan 2 Truk-1 Bus Remuk Akibat Kecelakaan Beruntun di Polman"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/aku)