Cara Pak Samin Perbaiki Uang Dimakan Rayap Biar Bisa Ditukar ke BI

Cara Pak Samin Perbaiki Uang Dimakan Rayap Biar Bisa Ditukar ke BI

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Rabu, 14 Sep 2022 14:21 WIB
Samin, saat memperbaiki uangnya yang dimakan rayap, di SD Negeri Lojiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo, Rabu (14/9/2022).
Samin, saat memperbaiki uangnya yang dimakan rayap, di SD Negeri Lojiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo, Rabu (14/9/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng
Solo -

Penjaga sekolah di SD Negeri Lojiwetan, Kota Solo, Samin (53), kini sibuk memperbaiki uangnya yang hancur dimakan rayap. Uang puluhan juta yang dia tabung untuk mendaftar ibadah haji itu akan ditukar ke Bank Indonesia (BI).

"Alhamdulillah, sebagian uang saya bisa ditukar ke BI. Sebenarnya semua bisa ditukar, tapi harus dirangkai seperti puzzle," kata Samin saat ditemui, Rabu (14/9/2022).

Sobekan uang mayoritas pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu tersebut ia rangkai satu per satu dan direkatkan dengan menggunakan selotip. Hal ini membuat Samin membutuhkan banyak waktu untuk memperbaiki uangnya.


Sebelumnya, BI memberikan syarat uang yang dapat ditukar adalah uang asli, dan harus memiliki luasan minimal 2/3 bagian atau 68 persen dari ukuran penuh.

Samin, saat memperbaiki uangnya yang dimakan rayap, di SD Negeri Lojiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo, Rabu (14/9/2022).Samin, saat memperbaiki uangnya yang dimakan rayap, di SD Negeri Lojiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo, Rabu (14/9/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

"Saya butuh waktu karena pikiran saya masih belum tenang. Kalau saya sudah siap, bisa ditukar ke BI," jelas warga asli Sragen ini.

Beruntung sebagian uangnya masih bisa ditukar ke BI.

"Kemarin yang bisa ditukar Rp 9,9 juta. Rencana saya tukar ke BI besok hari Kamis sebelum jam 09.00 WIB," ujarnya.

Samin tidak mengetahui jumlah pasti uang tabungannya yang rusak dimakan rayap. Namun, dia memperkirakan jumlahnya hampir sama dengan uang yang ada di celengan satunya, sekitar Rp 49,8 juta.

Diberitakan sebelumnya, uang puluhan juta rupiah tabungan Samin untuk mendaftar biaya ibadah haji hancur dimakan rayap. Uang itu disimpan dalam celengan plastik di rumah tinggal sementaranya di SD Negeri Lojiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo.



Simak Video "Uang Tabungan Hajinya Dimakan Rayap, Penjaga SD Ini Harap Bisa Ditukar"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/dil)