Sssst... Tanaman Hias Ini Bisa Mengusir Rayap di Rumah Lho

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 14 Sep 2022 00:00 WIB
ilustrasi kayu rayap
Ilustrasi kayu dimakan rayap. Foto: iStock
Solo -

Koloni rayap yang tinggal di sekitar rumah memang menjengkelkan. Serangga ini bisa merusak barang-barang yang terbuat dari kayu, seperti mebel, pintu, jendela hingga atap.

Lebih menjengkelkan lagi, hewan kecil ini juga suka memakan kertas sehingga membuat dokumen penting ataupun uang kertas yang disimpan di rumah menjadi tidak aman.

Pengelola gedung atau perkantoran terkadang harus mendatangkan konsultan untuk memastikan tidak ada rayap di sekitar gedung. Tentunya, biayanya juga cukup mahal.


Sedangkan untuk di rumah, kita sebenarnya bisa memanfaatkan beberapa tanaman hias untuk mengusir rayap.

Ada beberapa tanaman yang memang mengeluarkan zat atau aroma yang tidak disukai rayap.

Adapun beberapa tanaman lain justru bisa menarik beberapa hewan predator untuk datang. Hasilnya, rayap bisa dibasmi oleh para predator.

Dikutip dari Wolipop, berikut ini beberapa tanaman hias yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir rayap dari rumah.

1. Catnip

Catnip adalah tanaman yang memiliki aroma yang tidak disukai serangga, termasuk rayap. Serangga ini akan memilih pergi saat ada tanaman catnip di dekatnya.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan menanam catnip di tempat-tempat yang mungkin dihuni oleh koloni rayap. Bisa juga dengan mengoleskan atau menyemprotkan minyak esensial dengan aroma catnip.

2. Mint

Daun mint adalah salah satu pestisida alami yang bisa digunakan untuk mengusir rayap. Mint dapat digunakan untuk mengusir rayap secara efektif, dan bukan dari bahan kimia yang berbahaya.

Kamu bisa menanam pohon mint di sekitar rumah untuk mendapatkan bantuan pengusiran rayap.

Beberapa permen beraroma mint yang kuat juga tidak disukai oleh rayap.

3. Rumput Vetiver

Rumput vetiver memiliki kandungan senyawa kimia yang biasa disebut nootkatone. Senyawa ini mampu menangkal rayap serta berbagai macam hama lainnya secara alami.

Menanam rumput ini di sekeliling rumah bisa membuat rayap enggan untuk mendekati rumahmu.

4. Marigold

Tanaman cantik ini bisa menjadi alternatif untuk mengusir rayap di rumahmu. Tentunya, kehadiran bunga ini juga membuat halaman menjadi bertambah indah.

Untuk menggunakan marigold sebagai pengendali hama, kamu bisa menanamnya di sekitar area rumah yang mengalami kerusakan akibat rayap.

5. Geranium

Tanaman geranium sebenarnya tidak bisa mengusir rayap secara langsung. Tanaman ini disukai oleh beberapa serangga lain seperti belalang dan laba-laba.

Kehadiran serangga tersebut tidak disukai rayap sehingga mereka akan memilih pergi untuk menghindar.



Simak Video "Uang Tabungan Hajinya Dimakan Rayap, Penjaga SD Ini Harap Bisa Ditukar"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)