Potret Lawas Saat Ratu Elizabeth Kunjungi Candi Borobudur

Potret Lawas Saat Ratu Elizabeth Kunjungi Candi Borobudur

Eko Susanto - detikJateng
Jumat, 09 Sep 2022 19:09 WIB
Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Candi Borobudur di 1974.
Foto: Dok Balai Konservasi Borobudur
Magelang -

Ratu Elizabeth pernah berkunjung di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada tahun 1974. Saat berkunjung Ratu Elizabeth sampai di stupa induk Candi Borobudur.

Ketua Pokja Warisan Dunia, Balai Konservasi Borobudur (BKB), Yenny Supandi mengatakan, kunjungan Ratu Elizabeth di Candi Borobudur pada tanggal 20 Maret 1974.

Sayangnya, lembaga tersebut tidak memiliki banyak dokumen mengenai kunjungan tersebut. Namun mereka masih memiliki beberapa foto.


"Kunjungan itu (Ratu Elizabeth) pada 20 Maret 1974. Tidak ada keterangan lebih lanjut, tapi yang jelas mendampingi itu Prof Soekmono, pimpinan proyek pemugaran Candi Borobudur yang berlangsung 1973 sampai 1983," kata Yenny saat ditemui di kantor BKB, Jumat (9/9/2022).

Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Candi Borobudur di 1974.Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Candi Borobudur di 1974. Foto: Dok Balai Konservasi Borobudur

Foto kunjungan Ratu Elizabeth saat di Candi Borobudur, katanya, ditemukan di arsip pemugaran Candi Borobudur. Adapun foto tersebut ada 6 helai dengan kode 21.330 sampai 21.335.

"Nah foto ini (Ratu Elizabeth) ditemukan di arsip pemugaran Candi Borobudur yang sekarang itu sudah menjadi ingatan kolektif dunia atau memory of the world. Jadi ini juga program UNESCO khusus untuk dokumen atau arsip yang punya nilai penting secara global," ujarnya.

Dari enam foto yang ada tersebut, detikJateng memperoleh dua foto dari Balai Konservasi Borobudur saat melakukan kunjungan di Candi Borobudur. Dari dua foto tersebut, salah satunya memperlihatkan saat Ratu Elizabeth berada di stupa induk Candi Borobudur.

"Ada yang di candi (stupa), ada di halaman," ujar Yenny.



Simak Video "Jenazah Ratu Elizabeth II akan Diterbangkan ke London"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)