Jalan Sehat di Boyolali Sempat Ricuh, Ribuan Peserta Berdesak Rebutan Kupon

Jalan Sehat di Boyolali Sempat Ricuh, Ribuan Peserta Berdesak Rebutan Kupon

Jarmaji - detikJateng
Sabtu, 27 Agu 2022 11:29 WIB
Ribuan warga Boyolali mengikuti kegiatan jalan sehat HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (27/8/2022).
Ribuan warga Boyolali mengikuti kegiatan jalan sehat HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (27/8/2022). (Foto: Jarmaji/detikJateng)
Boyolali -

Kericuhan mewarnai jalan sehat memperingati HUT ke-77 RI di Boyolali, pagi tadi. Peserta sempat berdesakan hingga sejumlah anak berjatuhan saat pembagian kupon undian.

Momen ricuh ini terjadi di lokasi pembagian kupon di depan kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali. Awalnya pembagian kupon berjalan lancar dan tertib. Namun saat rombongan peserta jalan sehat mulai membeludak melintasi lokasi pembagian kupon, petugas mulai kewalahan.

Para peserta terus merangsek untuk mendapatkan kupon. Saling berebut kupon pun terjadi. Sehingga ada sejumlah anak yang terjatuh. Terdengar jerit tangis sejumlah anak-anak.


Beruntung, mereka tak sampai terjepit atau terinjak karena langsung ditolong petugas kepolisian dibantu peserta lainnya. Kekecewaan peserta pun terjadi karena kupon habis. Banyak peserta dari berbagai wilayah di Kabupaten Boyolali yang tidak mendapatkan kupon undian door prize tersebut.

Banyak peserta yang menggerutu karena tak kebagian kupon undian. Tak hanya itu, mereka juga menilai panitia tidak siap dan tidak profesional.

"Panitia tidak profesional," teriak seorang peserta disela-sela kerumunan itu, Sabtu (27/8/2022).

Salah seorang peserta, Suryanto (42), juga menyayangkan ketidaksiapan panitia dalam pelaksanaan jalan sehat dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Boyolali ini. Panitia seharusnya telah memperhitungkan jumlah peserta, sehingga panitia tidak kehabisan kupon.

"Kalau seperti ini kasihan anak-anak sekolah dan warga yang jauh-jauh, sudah bangun pagi-pagi, sampai disini mengikuti jalan sehat tidak kebagian kupon," ungkapnya.

Jalan sehat ini berlangsung di lingkungan komplek perkantoran terpadu Pemkab Boyolali. Kupon dibagikan ke peserta di tengah rute jalan sehat tersebut. Panitia penyelenggara menyediahkan sejumlah hadiah door prize, antara lain TV, mesin cuci, kulkas, sepeda, emas dan tiga unit sepeda motor.

Sementara itu Bupati Boyolali M Said Hidayat menyatakan sudah langsung minta kepada panitia penyelenggara untuk melakukan evaluasi. Pihak panitia dalam kegiatan jalan sehat ini hanya menyediakan 10 ribu kupon. Namun kenyataannya warga yang hadir untuk mengikuti jalan sehat ini lebih dari jumlah kupon yang disediakan.

"Karena kegiatan hari ini merupakan satu rasa syukur kita, setelah kita menghadapi pandemi (COVID-19) dua tahun berjalan, kita memulai kembali. Panitia kemarin hanya menyediakan 10 ribu kupon, karena dalam prediksi panitia, 10 ribu cukup banyak," kata Bupati M Said Hidayat.

"Akan tetapi faktanya yang hadir melampau dari jumlah 10 ribu kupon yang disediakan. Maka tadi sudah kita minta segera lakukan evaluasi agar ke depan ketika kita menyelenggarakan kegiatan yang sama seperti ini dapat jauh lebih siap untuk mempersiapkan kegiatan yang akan diselenggarakan," imbuh dia.



Simak Video "Jokowi Ingin Upacara HUT RI 2024 Digelar di IKN Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/dil)