Soal Bharada E Minta Ganti Nomor, Ini Cara Agar HP Tak Dilacak

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 18 Agu 2022 18:50 WIB
Darkweb, darknet and hacking concept. Hacker with cellphone. Man using dark web with smartphone. Mobile phone fraud, online scam and cyber security threat. Scammer using stolen cell. AR data code.
Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen
Solo -

Bharada Richard Eliezer alias Bharada E meminta semua anggota keluarga dan pacarnya mengganti nomor ponsel karena khawatir mereka terlacak orang-orang Irjen Ferdy Sambo. Hal itu diungkapkan mantan kuasa hukum Bharada E, Deolipa Yumara, kepada detikX belum lama ini. Berikut beberapa cara agar HP tak mudah dilacak.

Dikutip dari laman codeinwp pada Kamis (18/8/2022), Selain mengetahui situs web apa saja yang kamu kunjungi dan aplikasi yang kamu gunakan, hp atau ponsel cerdas juga dapat mengakses data lokasimu. Dengan demikian, pengiklan dapat menyajikan konten berdasarkan tempat yang pernah kamu kunjungi.

Cara Matikan Pelacakan Lokasi di Android

Bagi banyak orang, hal di atas menjadi salah satu alasan utama untuk mematikan pelacakan aplikasi di Android. Cara mematikan pelacakan lokasi di Android yaitu dengan membuka aplikasi 'pengaturan' di Android Anda dan buka opsi 'lokasi'. Kamu dapat menonaktifkan pelacakan lokasi di situ.


Tapi perlu diingat, banyak aplikasi yang menggunakan data tersebut, seperti memberikan petunjuk arah ke lokasi terdekat dari toko favoritmu. Sehingga kompromi yang lebih baik mungkin dengan mematikan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu saja.

Cara menonaktifkan izin lokasi ponselmu agar menghentikan aplikasi melakukan pelacakan yaitu dengan kembali ke layar 'Pengaturan' dan masuk ke tab 'Privasi'. Di sini kamu dapat menonaktifkan 'berbagi data diagnostik' dengan Google dan opsi untuk menerima informasi pemasaran.

Sedangkan cara menonaktifkan data diagnostik dan penawaran pemasaran di Android ialah dengan gulir (scroll) ke bawah ke bagian 'Lanjutan' (Advanced) dan kamu akan menemukan opsi Iklan (Ads).

Jika kamu membukanya, kamu juga dapat menghindari personalisasi iklan di dalam aplikasi. Pengaturan ini dikombinasikan dengan yang ada di bagian sebelumnya, sehingga akan mengunci datamu dengan cukup kuat.

Cara Matikan Pelacakan Lokasi di iOS

Perangkat iOS, termasuk iPhone, juga melacak lokasimu. Tapi kamu dapat mengakses semua pengaturan terkait dengan membuka 'Pengaturan' (Settings) dan membuka Privasi (Privacy) → Layanan Lokasi (Location Services). Ada banyak opsi untuk dilalui di sini.

Pertama, kamu dapat mematikan layanan lokasi sepenuhnya dengan mengaktifkan tombol di bagian atas layar. Tapi langkah ini juga akan menonaktifkan fungsionalitas untuk fitur yang berguna seperti aplikasi cuaca.

Selanjutnya, masuk ke pengaturan 'Bagikan Lokasi Saya' (Share My Location). Di sini kamu dapat menyalakan atau mematikan 'Cari iPhone Saya' (Find My iPhone), termasuk opsi individual untuk mencari offline dan mengirim lokasi terakhirmu saat baterai hampir habis.

Pilih, apakah akan mengaktifkan berbagi lokasi yang memungkinkan kamu menunjukkan keberadaan saat ini kepada kontak tertentu. Kedua fitur ini dapat berguna dalam beberapa situasi. Tapi jika kamu tidak menggunakannya, sebaiknya matikan.

Jika kembali ke 'Layanan Lokasi' (Location Services), kamu akan melihat daftar aplikasi individual yang dapat melacakmu. Ketuk masing-masing untuk mengakses opsi spesifik di platform itu.

Sebagian besar aplikasi memungkinkan kamu memilih untuk menonaktifkan pelacakan lokasi sepenuhnya, menonaktifkan hanya saat aplikasi tidak digunakan, atau membiarkannya terus menyala.

Di bagian bawah layar, ketuk 'Layanan Sistem' (System Services). Ini akan menampilkan daftar fitur iPhone. Nonaktifkan apa pun yang kamu tidak ingin membagikan lokasinya. Terakhir, dalam daftar Layanan Sistem, pilih 'Lokasi Penting' (Significant Locations).

Fitur ini memungkinkan perangkatmu mempelajari lokasi yang sering kamu kunjungi, termasuk rumah. Kamu dapat mematikan fitur ini dengan mengaktifkan tombol di bagian atas layar. Pastikan kamu juga gulir ke bawah dan menghapus riwayat lokasimu.

Kembali ke Privasi dan gulir (scroll) ke bawah ke 'Analisis & Peningkatan' (Analytics & Improvements). Di sini, kamu akan menemukan opsi berbagi penggunaan datamu dengan Apple. Informasi yang dikumpulkan di sini, termasuk data lokasi dan rekaman suara, digunakan untuk meningkatkan fitur di rilis mendatang.

Setelah mematikan pengaturan tersebut, silakan kunjungi Privasi (Privacy) → Periklanan (Advertising): geser tombolnya untuk menghindari dari pelacakan iklan.



Simak Video "Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Digelar Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)