Pesona Sang Saka Raksasa di Puncak Alap-alap

Andy Kurniawan - detikJateng
Rabu, 17 Agu 2022 16:02 WIB
Bendera raksasa di puncak Gunung Andong, Magelang, Rabu (17/8/2022).
Bendera raksasa di puncak Gunung Andong, Magelang, Rabu (17/8/2022). (Foto: dok. pribadi Tantio)
Solo -

Bendera Merah Putih berukuran raksasa membentang di Puncak Gunung Andong, Kabupaten Magelang. Bendera berukuran panjang sekitar 20 meter itu dibentangkan oleh para pendaki yang memadati puncak alap-alap Gunung Andong.

"Bendera Merah Putih dibentangkan sekitar pukul 10.00 WIB. Itu bendera ukurannya besar, sekitar 20 meter panjangnya. Jadi dari bawah kelihatan," ujar salah satu pendaki Gunung Andong, Tantio, dihubungi detikJateng, Rabu (17/8/2022).

Tantio menuturkan, bendera raksasa itu dibentangkan di jalur terakhir menuju puncak Gunung Andong. Banyak pendaki, lanjutnya, menyebut puncak tersebut sebagai Puncak Alap-alap.


"Ketemu beberapa pendaki tadi menyebutnya sebagai puncak Alap-alap. Selain bendera raksasa itu juga banyak dipasang bendera kecil di sekitar puncak," kata warga Klodran Solo ini.

Jalur yang digunakan untuk membentangkan bendera raksasa itu cukup ekstrem. Karena hanya berupa jalan setapak dengan tepi yang curam di sisi kiri dan kanannya.

"Itu memasangnya dibentangkan dulu di atas. Lalu ada satu orang yang turun untuk menarik bendera agar terbentang ke bawah. Selanjutnya ada dua orang yang ikut turun menarik ujung kiri-kanan bendera," kata dia.

Bendera raksasa di puncak Gunung Andong, Magelang, Rabu (17/8/2022).Bendera raksasa di puncak Gunung Andong, Magelang, Rabu (17/8/2022). Foto: dok. pribadi Tantio

Tantio mengaku tak mengetahui siapa inisiator pembentangan bendera itu. Namun menurutnya bendera raksasa itu mampun memesona ratusan pendaki yang tengah menikmati puncak Gunung Andong.

"Puncak Andong padat banget tadi, jumlahnya ada ratusan pendaki. Mayoritas anak-anak muda," kata dia.

Tantio sendiri memilih Gunung Andong untuk melewatkan hari libur kemerdekaan ini karena karakteristiknya yang tidak begitu sulit didaki. Di gunung ini pendaki hanya membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam untuk sampai ke puncak.

"Tadi pingin mendaki saja karena kalau 17 Agustus gini hampir semua gunung penuh pendaki. Tadi berangkat dari Solo sekitar pukul 06.30 WIB," ungkap Tantio.

Bendera raksasa di puncak Gunung Andong, Magelang, Rabu (17/8/2022).Para pendaki di puncak Gunung Andong, Magelang, Rabu (17/8/2022). Foto: dok. istimewa



Simak Video "Cerita Kuli Bangunan Pasang Bendera Raksasa dari Hasil Nabung"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)