PDIP Respons Koalisi Gerindra-PKB: Biar Tenang

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Minggu, 14 Agu 2022 20:15 WIB
Bambang Wuryanto, bambang pacul
Foto: Bambang Wuryanto. (Rolando/detikcom).
Bantul -

Gerindra dan PKB resmi mendeklarasikan koalisi di Pilpres 2024. Terkait hal itu, PDIP mengaku tenang karena langkah koalisi ini dipandang sebagai upaya kedua partai untuk melewati electoral threshold.

"Setiap partai tentu berusaha menyiapkan diri menuju 2024. Kemarin Pak Prabowo sedang menyiapkan dirinya menuju 2024 dalam rangka menjadi Presiden," kata Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto di sela-sela acara pengarahan dan pemantapan sistem pemenangan pemilu secara terpimpin berbasis gotong royong DPD PDIP DIY di Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Minggu (14/8/2022).

Pria yang kerap disapa Bambang Pacul ini melanjutkan, bahwa koalisi dua partai tersebut karena masing-masing belum memenuhi syarat untuk mengusung calon Presiden (capres). Di mana syarat untuk mengusung capres harus menguasai 20 persen kursi di parlemen.


"Mereka berkoalisi karena kursinya belum 20 persen kalau sendiri, karena dari PKB belum 20 persen dan Gerindra juga. Kalau bersatu mereka di atas 20 persen," ujarnya.

Oleh sebab itu, Bambang mengaku tidak begitu ambil pusing soal koalisi dua partai tersebut.

"Itu kita hanya melihat untuk bisa melewati electoral threshold untuk Presiden. Jadi biasa-biasa saja, nanti bisa nggak itu misalnya mereka bertambah atau gabung lagi bisa, itu seiring berjalannya waktu," ucapnya.

"Kalau sudah kayak gini kan tenang aku, (Gerindra-PKB) ikut Pilpres gitu dulu lah," lanjut Bambang.

Soal capres dari PDIP, Bambang mengaku berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "PDIP perjuangan selalu mematuhi keputusan kongres diperkuat rakernas soal Pilpres, itu ketua umum yang akan menetapkan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gerindra dan PKB resmi mendeklarasikan koalisi di Pilpres 2024. Koalisi Gerindra dan PKB secara langsung dideklarasikan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (13/8/2022), pukul 10.07 WIB, Prabowo Subianto dan Cak Imin meneken piagam deklarasi. Terlihat Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan pejabat teras kedua parpol mendampingi.

Usai itu, keduanya mengangkat piagam deklarasi yang telah ditandatangani. Riuh sorak para kader langsung memenuhi seluruh ruangan rapimnas tersebut.

"Kami Partai Gerindra dan PKB sepakat bekerja sama dalam pemilu serentak 2024," kata Dasco saat membacakan salah satu poin piagam deklarasi.

Simak video 'Cak Imin Persilakan Parpol Lain Gabung Koalisi PKB-Gerindra':

[Gambas:Video 20detik]



(aku/ahr)