Nasional

Gerindra-PKB Resmi Koalisi! Prabowo Pasti Nyapres, Wakilnya Belum Pasti

Tim detikNews - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 12:41 WIB
Momen Gerindra-PKB Resmikan Koalisi untuk Pilpres 2024!
Momen Gerindra-PKB Resmikan Koalisi untuk Pilpres 2024! Foto: istimewa
Solo -

Gerindra dan PKB resmi berkoalisi di Pilpres 2024. Deklarasi koalisi itu diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dipastikan nyapres. Tapi siapa wakilnya belum dipastikan.

Dari pantauan detikcom di lokasi pagi tadi, koalisi Gerindra dan PKB itu dideklarasikan langsung oleh Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Mereka berdua juga meneken piagam deklarasi tersebut.

Piagam deklarasi yang telah ditandatangani itu kemudian diangkat oleh Prabowo dan Cak Imin. Para kader yang memenuhi ruangan Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional) itu pun sontak riuh bersorak.


Selanjutnya, piagam deklarasi itu dibacakan Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. "Kami Partai Gerindra dan PKB sepakat bekerja sama dalam pemilu serentak 2024," kata Dasco membacakan salah satu poin piagam deklarasi itu, dikutip dari detikNews.

"Kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan di negara Indonesia secara berdaulat dan turut menciptakan perdamaian dunia," sambung Jazilul saat membacakan poin berikutnya.

Prabowo Siap Nyapres Ketiga Kali

Sementara itu, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap maju capres di Pilpres 2024. Prabowo menerima permintaan para kader agar dirinya maju nyapres untuk yang ketiga kalinya.

"Saudara-saudara, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama sikap setiap DPD dan setiap sayap partai yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden Republik Indonesia tahun 2024," kata Prabowo di SICC, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8), dikutip dari detikNews.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai claon presiden Indonesia," kata Prabowo.

Rapimnas Gerindra digelar di SICC, Sentul, Jumat-Sabtu, 12-13 Agustus 2022. Rapimnas itu mengagendakan Prabowo memberikan jawaban atas permintaan kader agar maju capres pada Jumat malam. Sedangkan deklarasi koalisi dan deklarasi Prabowo sebagai capres usungan Gerindra diselenggarakan hari ini.



Simak Video "Prabowo Dijegal Nyapres, PKB: Selama Ini Dia Jadi Sasaran Black Campaign"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)