Rumah Dekat Pertashop di Prambanan Klaten Ludes Terbakar

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Senin, 08 Agu 2022 15:14 WIB
Pemadam kebakaran Pemkab Klaten memadamkan api di lokasi, Prambanan, Klaten, Senin (8/8/2022).
Pemadam kebakaran Pemkab Klaten memadamkan api di lokasi, Prambanan, Klaten, Senin (8/8/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Rumah sekaligus warung milik Sutini (62) di Jalan Prambanan-Manisrenggo, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, ludes terbakar. Kebakaran bangunan yang berdekatan dengan Pertashop tersebut diduga gegara korsleting.

"Penyebab karena korsleting listrik. Waktu kejadian kurang lebih pukul 10.30 WIB," ungkap Kapolsek Prambanan AKP Edy Prasetyo kepada detikJateng, Senin (8/8/2022).

Dijelaskan Edy, awal mula kejadian seorang warga yang melintas melihat asap dari TKP. Setelah didekati ternyata ada api yang membakar rumah tersebut.


"Kemudian saksi melaporkan kebakaran tersebut kepada anggota Polsek Prambanan yang kebetulan melintas patroli. Anggota Polsek Prambanan mengambil tindakan dengan menghubungi pemadam kebakaran dan menutup akses jalan," jelas Edy.

Petugas bersama warga kemudian berusaha memadamkan api agar tidak merembet ke Pertashop yang berjarak sekitar 25 meter dari TKP. Selain itu di depan TKP juga ada kabel listrik.

"Jarak dengan Pertashop kurang dari 25 meter. Kurang lebih pukul 11.30 WIB api berhasil dipadamkan dengan kerugian ditaksir Rp 20 juta," imbuh Edy.

Sementara itu Camat Prambanan, Puspa Enggar Hastuti, menjelaskan lokasi kebakaran memang dekat dengan Pertashop.

"Dekat dengan Pertashop tapi yang terbakar bukan Pertashop. Yang terbakar rumah atau warung semi permanen untuk jualan pot bunga," terang Puspa Enggar kepada detikJateng.

Menurut Puspa, rumah tersebut dihuni dua orang dan punya instalasi listrik.

"Jadi rumah sebagian dari papan gedek. Ketika tersambar api akibatnya mudah terbakar," imbuh Puspa.



Simak Video "Kebakaran Rumah di Jatinegara Jaktim, 9 Unit Damkar Dikerahkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)