Karnaval Unik Meriahkan HUT RI ala Warga Ketro Wonogiri, Pesertanya Kambing!

Muhammad Aris Munandar - detikJateng
Sabtu, 06 Agu 2022 20:24 WIB
Warga Dusun Ketro, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri saat menggelar karnaval kambing, Sabtu (6/8/2022).
Warga Dusun Ketro, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri saat menggelar karnaval kambing, Sabtu (6/8/2022). (Foto: Muhammad Aris Munandar/detikJateng)
Wonogiri -

Kemeriahan HUT RI identik dengan gelaran pawai atau karnaval kebudayaan. Warga Dusun Ketro, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriworyo, Wonogiri menggelar karnaval yang unik dengan konsep berbeda.

Betapa tidak, karnaval yang digelar warga Dusun Ketro ini diikuti oleh kambing. Ya, kambing peliharaan milik warga dihias sedemikian rupa dan diarak layaknya karnaval.

Ratusan kambing yang ikut karnaval datang dengan berbagai penampilan. Ada yang dihias dengan hasduk, baju orang dewasa, pernak-pernik, hingga ada yang diberi nama yang dikalungkan di lehernya.


"Ya ini (karnaval kambing) baru pertama kali digelar di tempat kami. Selain untuk memeriahkan HUT RI pada Agustus ini juga untuk memberi semangat warga dalam beternak kambing," kata perwakilan Paguyuban Peternak Kambing Mendo Mulyo Dusun Ketro, Sucipto, Sabtu (6/8/2022) sore.

Ia mengatakan karnaval ini diikuti 23 warga Dusun Ketro dengan jumlah total kambing sejumlah 87 ekor. Sementara itu jumlah anggota Paguyuban Peternak Kambing Mendo Mulyo ada 25 orang dengan jumlah kambing 112 ekor.

Menurutnya peserta karnaval hanya warga Ketro meskipun sebenarnya ada warga di luar dusun yang ingin bergabung. Salah satu pertimbangannya karena masih ada PMK.

Selain karnaval, kata dia, panitia juga menggelar kontes kambing yang dibawa oleh para warga. Kegiatan itu diadakan untuk memberi semangat warga agar bisa memelihara kambing dengan benar.

"Jadi warga yang ikut wajib mengarak kambingnya dari rumah masing-masing. Kemudian dibawa ke lokasi kontes. Setelah itu baru diarak bersama-sama di jalan kampung dan kembali ke rumah," ungkap dia.

Ia mengatakan saat kontes ada empat kategori yang dilombakan. Diantaranya kambing pejantan besar dan kecil (bakalan/anak kambing) serta kambing betina besar dan kecil (bakalan). Setiap kategori diambil juara 1 dan 2. Penilaian didasarkan pada postur kambing, seperti leher, kaki, kepala serta hiasan atau kostum yang dikenakan.

"Kalau sementara ini warga hanya memiliki kambing jenis jawa randu, mudah-mudahan ke depan sudah memelihara kambing jenis lain. Ini kan memang untuk membentuk peternak profesional," ujar dia.

Ia mengatakan, kegiatan itu dapat dimanfaatkan sebagai ajang transaksi jual-beli kambing. Pedagang dari luar boleh membeli kambing di sana. Namun tidak boleh membawa kambing dari luar.

"Paguyuban kami ini sudah ada sejak satu tahun lalu. Setiap malam Sabtu Wage kami selalu kumpul untuk membahas perkembangan ternak. Sehingga diharapkan bisa lebih baik dan berkembang," kata Sucipto.

Warga Dusun Ketro, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri saat menggelar karnaval kambing, Sabtu (6/8/2022).Warga Dusun Ketro, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri saat menggelar karnaval kambing, Sabtu (6/8/2022). Foto: Muhammad Aris Munandar/detikJateng


Simak Video "Serunya Perayaan HUT RI di Tabanan, Ada Sepeda Hias 'Tank Tempur'"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/apl)