Embun di Dieng Kembali Membeku Pagi Ini

Uje Hartono - detikJateng
Jumat, 05 Agu 2022 08:12 WIB
Embun es kembali hampiri komplek Candi Arjuna di Dieng (10/5).
Embun es di Dieng. Foto: Uje Hartono
Banjarnegara -

Satu bulan jelang gelaran Dieng Culture Festival (DCF), embun di kompleks Candi Arjuna Dieng kembali membeku. Pagi ini, suhu udara terdeteksi turun hingga minus 1,32 derajat celsius.

"Pagi ini embun di sekitar kompleks Candi Arjuna kembali membeku," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Sri Utami saat dihubungi detikJateng, Jumat (5/8/2022).

Pembuat alat pengukur suhu udara Dieng, Aryadi Darwanto menyebut, suhu udara pagi ini turun hingga 1,32 derajat celsius. Bahkan turunnya suhu udara sudah terjadi sejak pukul 00.36 WIB.


"Pagi ini suhu permukaan tanah di kompleks Candi Arjuna Dieng minus 1,32 derajat celsius. Bahkan proses pembekuan embun sudah terjadi sejak malam, sekitar pukul 00.36 WIB," jelasnya.

Ia mengatakan, embun es pagi ini tercatat sebagai embun es yang ketujuh di tahun 2022. Sedangkan di bulan Agustus tercatat sudah 2 kali terjadi embun es.

"Ini embun es ketujuh untuk tahun ini. Sebelumnya sempat membeku juga di Bulan Juli. Sedangkan untuk Bulan Agustus sudah 2 kali," terangnya.



Simak Video "Penampakan Embun Es Selimuti Dataran Tinggi Dieng"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)