ASEAN Para Games

Indonesia Raih 2 Emas di Hari Pertama ASEAN Para Games XI

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Senin, 01 Agu 2022 09:39 WIB
Logo ASEAN Para Games 2022
Foto: dok.Internet
Solo -

Indonesia meraih dua medali emas di hari pertama ASEAN Para Games XI melalui cabang olahraga (cabor) para badminton dan para tenis meja. Hari ini, Indonesia masih berpotensi memborong emas melalui para-angkat berat.

Medali emas dari para-badminton diperoleh setelah tim beregu putra Indonesia mengalahkan Thailand di babak final di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Sukoharjo, Minggu (31/7/2022).

Indonesia menang 3-0 melalui tunggal Fredy Setiawan (SL4), kemudian pasangan Hafizh Briliansyah Prawiranegara (SU5) dan Hary Susanto (SL4), dan tunggal Dheva Anrimusthi (SU5).


Kemudian di cabor para-tenis meja beregu putri kelas TT8, Indonesia meraih medali emas setelah mengalahkan tim beregu putri Thailand. Tim Indonesia terdiri dari Hamida, Siti Fadilah, dan Suwarti.

Hari ini, Indonesia berpeluang meraih medali emas melalui para-angkat berat. Indonesia mengandalkan Ni Nengah Widiasih dan Rani Puji Astuti melalui kelas 45 kilogram serta 61 kg.

Dengan adanya regulasi terbaru di ASEAN Para Games, potensi emas yang bersumber dari kedua lifter tersebut bisa lebih dari dua. Itu karena setiap kelas saat ini memperebutkan dua medali emas, yakni dari angkatan terbaik serta akumulasi jumlah angkatan.

"Kami menargetkan dua emas di hari pertama. Namun bisa saja tim bisa meraih hingga empat emas dengan adanya aturan baru," ujar koordinator pelatih Pelatnas Para-angkat Berat Indonesia, Coni Ruswanta, Senin (1/8/2022).

Coni menilai Ni Nengah Widiasih maupun Rani berpotensi menjadi yang terbaik dalam hal angkatan terbaik maupun akumulasi angkatan.

Apalagi Widi, sapaan akrab Ni Nengah, hanya akan ditantang satu rival yakni Achelle Guion asal Filipina. Adapun Rani harus berkompetisi dengan tiga rival di kelas 61 kg, salah satunya peraih medali perak Paralimpiade 2000 Sydney, Somkhoun Anon.

Selain Widi dan Rani, kontingen Indonesia bakal menurunkan Eneng Paridah di kelas 41 kg pada hari pertama pertandingan.

Adapun tim Merah Putih menurunkan 13 atlet di cabang para-angkat berat ASEAN Para Games 2022 yang akan digelar di Hotel Solo Paragon. Hari pertama perebutan medali bakal diawali laga kelas 41 kg dan 45 kg putri mulai Senin pukul 15.00 WIB.



Simak Video "Jokowi Tutup ASEAN Para Games XI, Kontingen RI Jadi Juara Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)