Megawati Segera Serahkan Nama Kandidat MenPAN-RB ke Jokowi

Tim detikNews - detikJateng
Minggu, 31 Jul 2022 17:12 WIB
Keterangan Foto: Jokowi dan Megawati setelah acara pelantikan BPIP di Istana Negara, Selasa (7/6)
Jokowi dan Megawati setelah acara pelantikan BPIP di Istana Negara, Selasa (7/6) (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Solo -

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat. Dalam pertemuan tersebut Mega akan menyodorkan nama kandidat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pengganti Tjahjo Kumolo yang wafat beberapa waktu lalu.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut pertemuan itu akan berlangsung di awal Agustus. Pembahasan kandidat MenPAN-RB itu menjadi salah satu dari sejumlah hal yang akan dibahas.

Menurutnya, internal PDI Perjuangan sudah membicarakan masalah pengganti mendiang Tjahjo dengan cukup matang. Namun pihaknya memilih menunggu momentum untuk menyampaikannya ke Jokowi.


"Nama-nama kan sudah digodok dulu sehingga awal Agustus inilah nanti Ibu Ketum akan bertemu dengan bapak Presiden Jokowi dan di dalam pertemuan itulah akan disampaikan," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Minggu (31/7/2022).

Pertemuan tersebut menurutnya sengaja menunggu 40 hari setelah Tjahjo wafat. Hal itu dilakukan untuk menghormati kepergian salah satu tokoh senior di PDIP itu.

Menurut Hasto, masalah kandidat pengisi kursi MenPAN-RB hanya menjadi salah satu dari materi yang akan dibahas dalam pembicaraan itu. Rencananya, ada beberapa hal lain yang akan dibahas oleh Mega-Jokowi di pertemuan awal Agustus itu.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. Dia meninggal di rumah sakit setelah menjalani perawatan penyakit infeksi yang menyebar hingga paru-paru.

Sepeninggal Tjahjo, kursi MenPAN-RB dijabat secara ad interim oleh Mendagri Tito Karnavian.



Simak Video "Jokowi Belum Tentukan Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih dalam Proses"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)