Kecelakaan Maut di Gerbang Tol Kartasura, 1 Tewas

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Selasa, 26 Jul 2022 11:25 WIB
Karanganyar -

Kecelakaan maut terjadi di Gerbang Tol Ngasem, Colomadu, Karanganyar atau lebih dikenal dengan nama Pintu Tol Kartasura, Selasa (26/7) pagi. Tabrakan yang melibatkan satu truk tangki dengan satu truk bermuatan mebel itu menyebabkan satu orang tewas.

Kasat Lantas Polres Karanganyar, AKP Yulianto, mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 06.10 WIB. Kendaraan yang terlibat ialah truk tronton yang membawa tangki bernomor polisi B 9716 TQ dengan truk bernomor polisi S 8302 UX.

"Semula truk tronton (tangki) dan truk colt diesel sama-sama berjalan dari arah utara (Boyolali) menuju arah selatan (Ngasem) dengan posisi truk colt diesel (bermuatan mebel) berada di depan truk tronton," kata Yulianto saat dihubungi detikJateng, Selasa (26/7/2022).


Kemudian truk pembawa mebel itu berhenti untuk melakukan transaksi keluar tol. Saat itulah truk tangki terus melaju hingga menabrak truk di depannya.

"Sesampainya di TKP, truk tronton mengalami rem blong kemudian menabrak truk colt diesel dari arah belakang sehingga terjadilah laka lantas," ujar dia.

Laka di pintu tol Kartasura, 26/7/2022Laka di pintu tol Kartasura, 26/7/2022 (Foto: Istimewa)

Truk bermuatan mebel sempat terdorong hingga terguling. Sedangkan truk tangki berbelok hingga keluar lintasan.

Akibat tabrakan itu, tangki pada truk kemudian terlepas. Sopir truk tangki bernama Surakman, warga Kelurahan Margayu, Kecamatan Margasari, Kota Depok, meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Korban mengalami luka pada dada dan meninggal dunia di TKP, dibawa ke RS Moewardi Solo," ungkapnya.

Sementara itu, sopir truk bermuatan mebel, Sutrisno, mengalami luka-luka usai ditabrak truk tangki.

"Tadi disurung (didorong) dari belakang, sudah habis bayar, disurung sama tangki, tangkinya los rem dan nggak fungsi. Terdorong jauh, mungkin saya berhenti di sini," jelas Sutrisno.

(rih/mbr)