Mak Tloler! Piton 3 Meter Tetiba Turun dari Pohon Dekat Warung Soto Klaten

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Jumat, 22 Jul 2022 10:29 WIB
Ular piton sepanjang 3 meter ditangkap di tepi Jalan Jogja-Solo, Klepu, Ceper, Klaten, Jumat (22/7/2022).
Ular piton sepanjang 3 meter ditangkap di tepi Jalan Jogja-Solo, Klepu, Ceper, Klaten, Jumat (22/7/2022). (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Seekor ular piton tiba-tiba turun dari pohon waru tak jauh dari warung soto di tepi Jalan Jogja-Solo, Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Klaten. Beruntung ular sepanjang tiga meter ini berhasil ditangkap warga.

"Kejadiannya sekitar pukul 05.00 WIB saat saya mau parkir di depan warung. Ular turun dari pohon waru," tutur warga setempat, Suhardi (66) kepada detikJateng di lokasi, Jumat (22/7/2022).

Saat melihat ular turun, jelas Suhardi, dirinya sempat kaget karena dari pohon. Warga yang sedang makan di warung soto pun ikut keluar menonton.


"Yang makan di warung malah pada keluar melihat ular. Ular hendak lari ke arah sawah di selatan warung," sambung Suhardi.

Untuk menangkap ular tersebut, lanjutnya, dibutuhkan dua orang. Dirinya memegang kepala dan satu orang menginjak ekornya.

"Tadi dua orang, saya pegang kepala dan satu ekornya. Panjangnya sekitar 3 meteran tapi masih beringas," ujar Suhardi.

Suhardi menyebut temuan ular itu sudah yang ketiga kalinya. Sebelumnya ditemukan ular serupa dengan ukuran hampir sama di warung soto sisi utara.

"Ini yang ketiga. Sebelumnya di depan warung soto yang sebelah utara, juga di pinggir jalan dan sebelumnya lagi mau menyeberang Jalan Jogja-Solo," imbuhnya.

Ular piton sepanjang 3 meter ditangkap di tepi Jalan Jogja-Solo, Klepu, Ceper, Klaten, Jumat (22/7/2022).Ular piton sepanjang 3 meter ditangkap di tepi Jalan Jogja-Solo, Klepu, Ceper, Klaten, Jumat (22/7/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Suhardi menduga ular itu sedang mencari mangsa tikus, kucing, ayam atau kambing. Sebab di lokasi sering ada ternak warga.

"Kucing, ayam sering berkeliaran di sekitar lokasi. Kadang ada juga warga menggembala kambing di sekitar lokasi," kata dia.

Warga Desa Klepu, Parwito menyatakan sudah tiga kali ditemukan ular sejenis. Warga menduga ada sarang di sekitar lokasi.

"Paling ada sarangnya di sekitar Jalan Jogja-Solo itu. Sebab sudah tiga kali di lokasi yang berdekatan, yang dulu malah lebih besar," kata Parwito.

Pantauan detikJateng di lokasi, lokasi temuan ular tersebut berada di tepi jalan ramai. Pohon waru tempat ular turun berjarak sekitar 5 meter dari warung dan di sisi selatan sawah tanaman padi.



Simak Video "Petugas Evakuasi Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/mbr)