Warga Klaten Terluka Bakar Akibat Ledakan HP Tetap Dipakai Saat Dicas

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Senin, 18 Jul 2022 08:55 WIB
Group of smartphones charging on the glass table with sharing the same AC plug
Ilustrasi HP dicas. Foto: iStock
Klaten -

Seorang warga Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah, Tukino (38) dilarikan ke rumah sakit dengan luka bakar di tubuhnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh, dia terluka karena HP yang digunakan terbakar saat sedang dicas.

"Betul, itu kejadiannya Minggu (17/7) siang sekitar jam 14.00 WIB. Saya dapat kabar tapi sudah malam," ungkap Kaur Perencanaan Desa Ngandong, Sugiyo kepada detikJateng, Senin (18/7/2022) pagi saat diminta konfirmasi.

Sugiyo menjelaskan dari informasi yang diterimanya, warga tersebut awalnya mengecas HP dengan tiduran. Sambil mengecas, HP digunakan dan mendengarkan musik.


"HP dicas tapi juga digunakan untuk mendengarkan musik. HP meledak dan membakar tempat tidur sehingga api kena badan," terang Sugiyo.

Tidak hanya membakar tempat tidur, sambung Sugiyo, api juga menyebar ke kamar. Bahkan pintu kamar juga dilalap api.

"Pintu kamar juga ikut terbakar, korban dirawat di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro. Luka bakarnya informasi terakhir lebih 60 persen, ini saya mau cek ke lokasi," lanjut Sugiyo.

Kades Mutihan, Kecamatan Gantiwarno, Kiswantoro juga membenarkan ada kejadian itu. Lokasi kejadian di perbatasan dengan desanya.

"Itu kejadian masuk Desa Ngandong tapi berbatasan dengan desa saya. Hanya dipisahkan jalan," ucap Kiswantoro kepada detikJateng saat dihubungi.

Menurut Kiswantoro, penyebabnya korban main HP sambil ngecas dan tiduran. Saat itulah HP meledak dan membakar korban.

"Penyebabnya katanya ngecas sambil main HP belum jelas. Tapi itu saat dicas sambil rokok atau apa belum jelas," ungkap Kiswantoro.

Kejadian tersebut diunggah di sejumlah grup media sosial dan sempat viral. Salah satunya di grup Info Cegatan Klaten (ICK) di Facebook.

"SAAT HP SEDANG DI CASS, JANGAN UNTUK SAMBIL BERMAIN YA LURR. (17/07) kurang lebih Pagi Jam 04.00 wib, Nasib naas menimpa salah satu Warga Gantiwarno Klaten. Saat Hp sedang Di Cass sambil untuk bermain, Hp tiba tiba Meledak dan terbakar, lantas membakar isi kamar dan Beliau. Korban mengalami luka bakar hampir di seluruh badan. Mohon utk berhati hati, Saat mengecas Hp, lebih baik Hp di offkan dahulu. Semoga lekas sembuh dan bisa beraktifitas kembali nggih pak. Lok: Tegal, Mutihan, Gantiwarno, Klaten," tulis admin di grup Facebook Info Cegatan Klaten (ICK), Senin (18/7).

Pada unggahan tersebut disertai foto seorang pria berbaring di ranjang sebuah rumah sakit. Tangan, wajah dan tubuhnya dibalut perban berwarna putih.



Simak Video "KuTips: Mencegah HP Gampang Meledak!"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)