Kesehatan

Terkena Radang Amandel, Haruskah Dioperasi?

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 16 Jul 2022 05:01 WIB
Child having physical examination
Ilustrasi pemeriksaan amandel. Foto: thinkstock
Solo -

Amandel merupakan salah satu organ yang menjadi bagian dari sistem pertahanan tubuh. Organ ini berfungsi untuk menjebak kuman yang akan masuk dan menyebabkan seseorang sakit.

Namun, infeksi yang terjadi di amandel akan sangat mengganggu dan menyakitkan. Amandel yang letaknya berada di tenggorokan, belakang hidung dan pangkal lidah ini dapat mengalami peradangan.

Lantas, apakah penanganan untuk radang amandel harus melalui operasi?


Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dr. Hesti Palupi, Sp.THT-KL menyebut radang amandel bisa terjadi terhadap semua orang.

"Sakit amandel keluhannya secara umum adalah nyeri telan, kadang disertai batuk, pilek, dan demam," ujar Hesti dikutip dari laman resmi UGM, Jumat (15/7/2022).

Dalam kondisi tubuh yang baik serta imun kuat, radang amandel itu bisa mereda, bahkan tanpa melalui pengobatan. Namun, penderita radang amandel perlu memeriksakan diri ke dokter saat gejala itu tidak hilang dalam tiga hari.

Jadi kalau tidak ada perbaikan segera periksakan ke dokter. Tidak harus ke THT, dokter umum juga sudah ada kompetensinya untuk penanganan amandel," tutur Hesti.

Dokter nantinya akan menentukan jenis penanganan yang akan dilakukan. Penanganan tidak harus melalui operasi, bisa menggunakan pengobatan infeksi.

Adapun opsi operasi biasanya diambil dalam dua kondisi, yaitu:

  • Saat amandel menjadi sumber infeksi dan berpotensi menyebarkan kuman ke organ lain
  • Jika amandel yang membengkak menyebabkan gangguan makan dan tidur.

"Jika sudah dilakukan operasi amandel, harapannya adalah infeksi yang terjadi di sekitar amandel berkurang dan tidak mudah sakit. Kedua, harapannya nafsu makannya kembali baik, serta tidur akan lebih nyenyak dan berkualitas," ujar Hesti.



Simak Video "Mengenal Operasi Bariatrik yang Dilakukan Melly Goeslaw"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)