Cara Mengembalikan Indera Penciuman, Pakai Larutan Garam hingga Toples

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 13 Jul 2022 23:00 WIB
Mengembalikan Indra Penciuman Saat Isolasi Mandiri di Rumah
Mengembalikan Indra Penciuman Saat Isolasi Mandiri di Rumah. (Foto: iStock)
Solo -

Anosmia atau kehilangan indera penciuman dan perasa merupakan salah satu gejala terkena COVID-19. Berikut cara mengembalikan indera penciuman setelah hilang gegara COVID-19.

Anosmia karena COVID-19 seringkali tanpa disertai hidung tersumbat. Anosmia kemungkinan terjadi dari infeksi langsung saraf penciuman oleh SARS-CoV-2, virus COVID-19.

Menurut dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan, dr Riyadi Sutarto, gejala anosmia cenderung mudah dipulihkan. Salah satunya dengan melatih indera penciuman dengan menghirup aroma-aroma yang kuat.


"Pengobatan anosmia dibantu atau stimulasi dengan bau menyengat, namun belum ada penelitian. Biasanya gejala akan hilang sendiri," kata dr Riyadi dikutip dari detikHealth pada Rabu (13/7/2022).

Dilansir dari detikHealth, berikut sejumlah cara mengembalikan indera penciuman yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Membersihkan bagian dalam hidung

Cara mengembalikan indera penciuman bisa dimulai dengan membilas bagian dalam hidung menggunakan larutan garam. Larutan garam ini untuk mengatasi infeksi atau alergi. Bisa juga menyemprotkan cairan NaCl ke dalam hidung.

Cara mengembalikan indera penciuman menggunakan larutan garam:

1. Rebus seliter air. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin
2. Campurkan garam dan soda kue (soda bikarbonat) ke air. Masing-masing cukup satu sendok teh saja
3. Jangan lupa cuci tangan dulu
4. Tuangkan sedikit larutan ke telapak tangan, hirup sebagian larutan ke satu lubang hidung sekaligus dan biarkan keluar dari hidung Anda
5. Agar lebih mudah, tutup satu lubang hidung Anda yang lain dengan jari saat lubang satunya lagi untuk menghirup larutan
6. Silakan langkah ini diulangi beberapa kali.

2. Semprotan/Tetes Hidung Steroid

Cara mengembalikan indera penciuman juga bisa menggunakan semprotan atau tetes hidung steroid. Tetes hidung ini bisa digunakan jika daya penciuman Anda menghilang karena sinusitis atau polip hidung.

3. Melatih Indera Penciuman

Silakan buka sebuah toples dan dekatkan ke hidung. Kemudian, hirup aroma dari dalam toples itu secara cepat dan lembut selama 20 detik.

Tetap berkonsentrasi, fokus, dan coba 'temukan' bau tersebut. Lakukan dengan tenang, tarik napas sejenak dan lanjutkan ke aroma lainnya.



Simak Video "Pakar Sebut Pasien Omicron Jarang Anosmia dan Sesak Napas"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)