Sejumlah Lampu PJU Tenaga Surya di Klaten Tak Fungsi, Onderdilnya Hilang!

Lapur Lur!

Sejumlah Lampu PJU Tenaga Surya di Klaten Tak Fungsi, Onderdilnya Hilang!

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Senin, 11 Jul 2022 11:56 WIB
Lampu PJU jalan Karangdowo - Juwiring rusak dan onderdil hilang.
Lampu PJU jalan Karangdowo - Juwiring rusak dan onderdil hilang. (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikcom)
Klaten -

Petani dan warga di jalan Raya Karangdowo - Juwiring, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah resah. Lampu PJU di ruas jalan tersebut rusak karena onderdilnya hilang.

"Lampu PJU solar sudah mati sekitar sebulan. Setelah saya cek ternyata kok rusak dan akinya hilang," ungkap petani Desa Bakungan, Kecamatan Karangdowo, Joko Sutarno kepada detikJateng, Senin (11/7/2022) siang.

Menurut Joko ada empat titik lampu yang rusak dan padam. Masing-masing tiang nomor 388, 389, 396 dan 397.


"Nomor 388, 389, 396 dan 397 mati ternyata aki penyimpan kayaknya dicuri orang. Penutup bok dibuka dan tinggal kabelnya, ada yang untuk sarang burung," jelas Joko.

Raibnya onderdil PJU, kata Joko, menyebabkan lampu padam dan rawan kecelakaan. Di dua lokasi bahkan ada dua petani meninggal kecelakaan.

"Yang 396 dan 397 rawan kecelakaan. Dua orang petani meninggal karena saat mau menyeberang jalan malam hari ditabrak kendaraan," papar Joko.

Pantauan detikJateng di lokasi, tiang lampu tersebut berada di lokasi sepi. Dua titik berada di Desa Bakungan dan dua di Desa Kupang.

Lokasi PJU dengan rumah penduduk sekitar 200 meter. Kotak bok di bawah lampu sudah terbuka dan ada kabel yang keluar. Letak PJU yang rusak tersebut berdekatan dengan pohon dengan kondisi lalu lintas jalan cukup ramai.

Thalib, warga lain menyatakan sudah ada sekitar sebulan PJU padam. Jalan menjadi gelap padahal jalan lurus.

"Yang padam itu jalan lurus, jadi rawan Kecelakaan kalau kendaraan kencang. Yang masih hidup di sekitar jembatan," ungkap Thalib kepada detikJateng di warungnya.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Klaten Supriyono menjelaskan PJU saat ini berada di bawah kewenangan dinasnya. Informasinya dari Karangdowo sudah masuk dan segera dicek.

"Iya (kewenangan Dishub). Tapi saat ini baru pengadaan material dan nanti yang rusak itu segera kita cek," jelas Supriyono kepada detikJateng.



Simak Video "Waduh! Jalan Salawu-Singaparna Tasikmalaya Banyak Lampu Penerangan Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/mbr)