BPCB Jateng Bebaskan Lahan di Kompleks Candi Plaosan

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Minggu, 03 Jul 2022 19:03 WIB
Salah satu lahan milik BPCB Jateng di kompleks Candi Plaosan.
Salah satu lahan milik BPCB Jateng di kompleks Candi Plaosan. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah saat ini tengah menyelesaikan proses administrasi pembebasan lahan di sekitar Candi Plaosan, Klaten. Diduga terdapat bagian dari struktur candi yang masih terpendam di dalam lahan tersebut.

Sekretaris Panitia Pembebasan Lahan BPCB Jateng, Harun Al Rasyid proses pembelian tanah tersebut saat ini sudah selesai.

"Prosesnya sudah sejak lama dan tahun ini sudah proses sertifikasi ke BPN," jelas Harun kepada detikJateng, Minggu (3/7/2022).


Lahan yang dibebaskan, rinci Harun, ada dua bidang dengan luas yang berbeda. Satu lahan luasnya mencapai 1.122 meter. Sedangkan bidang satunya seluas 1.928 meter persegi.

Adapun tujuan pembelian lahan tersebut adalah sebagai bagian dari upaya pelestarian Candi Plaosan.

Harun menjelaskan bahwa lahan yang dibeli itu termasuk zona satu. Pihaknya telah mendapatkan beberapa bukti bahwa di lahan tersebut ada struktur bangunan candi.

"Di situ sudah terlihat ada struktur parit saat ini. Dulu pernah ada ekskavasi dengan GPR (Ground Penetrating Radar)," lanjut Harun.

Setelah semua urusan pembebasan lahan itu selesai, pihaknya berencana akan melanjutkannya dengan proses penggalian. Dia belum bisa memperkirakan keseluruhan bangunan yang mungkin ditemukan di lahan itu.

"Sebagian kita tidak tahu (ada bangunan apa) tapi sebagian jelas parit. Posisinya di timur candi, sekarang masih sawah," imbuh Harun.

Terpisah, Kepala Desa Bugisan, Heru Nugroho mengatakan lahan tersebut dibeli oleh BPCB dari warga.

"Tanah yang dibeli itu milik warga, bukan kas desa. Dulu pernah kita sewa cukup lama tapi sekarang tidak bisa," kata Heru.



Simak Video "BPCB Jateng Temukan 3 Candi Perwara di Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)