Uji Coba PLTSa Solo Segera Dimulai, Habiskan Gunung Sampah Putri Cempo

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Rabu, 29 Jun 2022 15:32 WIB
Solo -

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Solo mulai diuji coba dan ditargetkan mulai operasi Desember 2022. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memprioritaskan menghabiskan sampah yang menggunung di Putri Cempo.

"Prioritas gunung sampah yang di sana (yang dihabiskan terlebih dahulu), biar lahan bisa digunakan yang lain," kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Rabu (29/6/2022).

Untuk diketahui, kebutuhan sampah untuk mesin pengolah tersebut yakni 545 ton per hari. Namun saat ini, sampah yang masuk ke TPA Putri Cempo baru sekitar 350 ton per hari.


Gibran mengatakan akan berkoordinasi dengan wilayah Solo Raya untuk memenuhi kebutuhan mesin pengolah sampah itu. Dia yakin daerah sekitar Solo menanggapi positif.

"Kita koordinasikan dengan wilayah sekitar, itu mesinnya memang rakus. Jadi harus ngambil dari kota lain. Pasti mau," ujarnya.

Dalam dua hari uji coba ini, kata Gibran, mesin sudah beroperasi dengan optimal. Selanjutnya, Gibran akan berkoordinasi dengan PT PLN agar listrik yang dihasilkan bisa sesuai dengan target.

"Commisioning sudah dimulai, suaranya halus, sudah bagus. Selanjutnya butuh pendampingan dari PLN biar listrik yang dihasilkan sesuai target," katanya.

Sementara itu, Dirut PT Solo Citra Metro Plasma Power selaku pengelola PLTSa, Elan Syuherlan, mengatakan ada 8 alat yang harus dipasang. Saat ini baru ada 4 yang sudah digunakan.

"Desember Insyaallah semua terpasang. Ada 8 unit, baru 4 unit yang terpasang. Sebagian equipment sudah datang. Tapi kami menunggu yang besar-besar belum datang. Masih dalam perjalanan," ujarnya.

Nantinya, listrik yang dihasilkan ialah 8 Megawatt. Namun tidak seluruhnya dijual ke PLN. Sebagian akan dipakai sendiri.

"Dari 8 Megawatt itu, yang kita jual 5 Megawatt, sisanya kita pakai sendiri. Targetnya Januari sudah mulai jualan," pungkasnya.

(apl/mbr)