Diduga Rem Blong, Bus Pariwisata dari Nganjuk Tabrak Kios di Tawangmangu

Andy Kurniawan - detikJateng
Sabtu, 25 Jun 2022 15:33 WIB
Kondisi bus pariwisata yang menabrak kios dan gudang di Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022).
Kondisi bus pariwisata yang menabrak kios dan gudang di Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022). Foto: Istimewa
Karanganyar -

Bus pariwisata yang mengangkut rombongan asal Nganjuk, Jawa Timur, menabrak kios dan gudang di jalur utama Tawangmangu, tepatnya di Desa Kalisoro, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022). Dugaan sementara kecelakaan ini dipicu rem blong.

Akibat kecelakaan, sebuah kios serta gudang penyimpanan barang milik warga mengalami kerusakan. Sementara itu, 3 orang termasuk sopir bus mengalami luka ringan.

Saat kejadian, bus berpelat nomor K 1626 B itu mengangkut 55 penumpang. Para penumpang merupakan rombongan dari TK Al Qomar, Ngajuk, yang hendak berwisata.


Menurut kesaksian penumpang, kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Salah seorang penumpang mengungkapkan, bus sempat mengalami mati mesin beberapa saat sebelum kecelakaan terjadi.

Kondisi bus pariwisata yang menabrak kios dan gudang di Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022).Kondisi bus pariwisata yang menabrak kios dan gudang di Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022). Foto: Istimewa

"Dari tanjakan sebelum Bukit Sekipan sempat mati mesin, selang 15 menit nyala lagi. Setelah turun penumpang sudah bau kampas rem gosong," kata salah satu penumpang, Arif Sugiarto, ditemui wartawan di lokasi kejadian, Sabtu (25/6/2022).

Arif mengatakan, setelah itu kondisi bus sudah tidak bisa mengerem. Bus sempat berbelok-belok untuk menghindari tabrakan.

"Mau ngerem sudah nggak bisa, sudah goyang kanan kiri. Untungnya sopir tenang, lalu bus diarahkan ke poskamling," kata Arif.

Arif menerangkan, meski penumpang sempat panik, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Sementara total 55 penumpang dalam kondisi selamat.

"Tadi ada sopir sama kenek tapi luka ringan saja," jelasnya.

Sementara itu, Pjs Kapolsek Tawangmangu Iptu Mahmudi mengungkapkan dugaan sementara kecelakaan itu disebabkan oleh rem blong. Bus tersebut turun dari Cemoro Kandang melewati jalur baru.

"Diduga rem blong, (sopir) langsung banting kanan mengenai kios-kios di pinggir jalan ini. Tidak ada korban jiwa, sopirnya saja yang luka ringan," kata dia.

Sedangkan kios yang ditabrak itu juga dalam kondisi kosong. Sedangkan gudang penyimpanan barang yang ditabrak itu rusak berat.

"Saat ini bus sudah dievakuasi. Lalu lintas kembali lancar," pungkas Mahmudi.



Simak Video "Bus Jurusan Surabaya Ringsek Usai Tabrak Truk di Pati, Begini Kondisinya"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)