Heboh Pemotor Tanpa Helm di Persawahan Sukoharjo Kena Tilang ETLE

Heboh Pemotor Tanpa Helm di Persawahan Sukoharjo Kena Tilang ETLE

tim detikNews - detikJateng
Kamis, 23 Jun 2022 12:25 WIB
Tilang elektronik E-TLE Mobile
Viral pemotor kena tilang ETLE di Sukoharjo. Foto: Dok. Facebook Danny Rosidi
Solo -

Seorang warga menerima surat konfirmasi tilang Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dari Polres Sukoharjo, Jawa Tengah. Foto surat konfirmasi itu kini viral di media sosial.

Gara-garanya, pria itu tertangkap kamera E-TLE mengendarai motor di areal persawahan. Dia mengendarai motor tanpa mengenakan helm.

Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengakui adanya surat tersebut. Menurutnya, pelanggaran itu terjadi di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.


Namun, dia membantah bahwa pengendara motor itu melintas di persawahan. Menurutnya, pengendara itu melintas di jalan penghubung kabupaten.

"Jalan yang menghubungkan antar kabupaten itu banyak sawah-sawah. Yang bersangkutan (foto pria di area persawahan) mau pergi ke kecamatan sebelah, bukan ke sawah," ujar Agus dikutip dari detikNews, Kamis (23/6/2022).

Dia menyebut, pemotor tersebut tertangkap kamera petugas yang menggunakan kamera ETLE Mobile. Adapun lokasinya masih berada di wilayah kecamatan kota.

"(lokasi E-TLE mobile di area persawahan) masih dalam kota, dan antar kecamatan," tambah dia.

Dia mengingatkan, saat ini Polda Jawa Tengah juga sudah menerapkan kamera E-TLE Mobile atau tilang elektronik menggunakan kamera ponsel. Melalui alat itu petugas bisa melakukan penindakan saat berpatroli.

"E-TLE statis ditempatkan di persimpangan. Kalau E-TLE Mobile ini bisa dipakai saat patroli, saat di mobil, pada saat dia pengaturan juga bisa melakukan. Tapi ada spek teknisnya yang secara legal formal sudah terintegrasi dengan Korlantas Nasional Presisi," ungkapnya.



Simak Video "Kapolri Instruksikan Polantas Dilarang Tilang Manual!"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)