Menpora Tak Ingin RI Hanya Jadi Tuan Rumah tapi Juara ASEAN Para Games

Ari Purnomo - detikJateng
Senin, 20 Jun 2022 01:24 WIB
Menpora Zainudin Amali bersama Presiden NPC Senny Marbun dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat jumpa pers, Minggu (19/6/2022).
Menpora Zainudin Amali bersama Presiden NPC Senny Marbun dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat jumpa pers, Minggu (19/6/2022). Foto: Ari Purnomo/detikJateng
Solo -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menaruh harapan kepada para atlet ASEAN Para Games (APG) untuk tampil maksimal dalam gelaran APG ke-11 yang akan berlangsung di Solo, Juli mendatang. Menpora tidak ingin, Kota Solo hanya sebagai tuan rumah sementara juara umumnya bukan dari Indonesia.

"Tuan rumah jangan hanya jadi tempat penyelenggaraan saja, tapi sukses juga. TC juga sudah lama," terang Zainudin saat jumpa pers di The Sunan Hotel, Minggu (19/6/2022) malam.

Zainudin berharap seluruh persiapan pelaksanaan APG ke-11 berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan berbagai persiapan tersebut, dia berharap APG bisa berjalan sukses.


"Tadi sudah rapat membahas persiapan sebagai tuan rumah APG. Saya sudah dapat informasi dan laporan dari Mas Wali Kota sebagai penanggung jawab dan laporan Pak Sekda Jateng, (mewakili Gubernur)," terangnya.

"Pak Gubernur sudah konfirmasi, berkomitmen penuh dukung pelaksanaan APG. Kami menyimpulkan bahwa persiapan sudah berjalan dan insyaallah diharapkan bisa sukses, sukses penyelenggaraannya, prestasi dan juga administrasinya," imbuhnya.

Pada kesempatan sama, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, persiapan sudah sangat matang. Dia menyebut pekan depan pihaknya sudah gencar menyosialisasikan ASEAN Para Games ke publik.

"Venue, hotel dan lain-lain sudah disiapkan. Opening dan closing ceremony juga sudah disiapkan. Diharapkan bisa berjalan lancar," tuturnya.

"Item-itemnya sudah di-approve oleh Pak Menteri, harapannya dalam minggu depan gencarkan publikasikan, dibantu teman media men-soundingkan agar bisa diperluas lagi publikasikan," tambahnya.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan, masih ada beberapa PR yang harus diselesaikan secepatnya. Di antaranya renovasi venue dan penyesuaian kecil lainnya.

"PR, renovasi di beberapa venue, saya yakin akan selesai sebelum 15 Juli. Renovasi kecil, misal aksesibilitas bukan yang besar, bukan membangun venue dari nol, hanya renovasi saja. Untuk mendukung aksesibilitas. Semuanya akan selesai waktu yang sudah ditentukan," terang dia.



Simak Video "Menpora Kukuhkan Kontingen Indonesia untuk ASEAN Para Games 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/ams)