Snapshots: Banjir Rob di Pesisir Jepara

Dian Utoro Aji - detikJateng
Sabtu, 18 Jun 2022 15:52 WIB
Jepara -

Banjir rob menerjang wilayah di pesisir Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Rumah warga hingga jalan permukiman tak luput dari genangan rob.

Pantauan detikJateng di lokasi, banjir rob terjadi di Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara, Sabtu (18/6) pukul 13.00 WIB. Ketinggian air bervariasi mulai 10 sentimeter sampai 30 sentimeter.

Genangan banjir rob menggenangi jalan permukiman warga. Genangan banjir rob juga masuk ke rumah warga yang berada di tepi Sungai Wiso.


Salah seorang warga, Alan (23) mengatakan banjir rob terjadi sejak Jumat (17/6) kemarin. Dijelaskan banjir rob datang saat pagi dan berangsur surut petang hari.

"Ketinggian mencapai 30 sentimeter. Biasanya sore mulai surut, fondasi rumah yang pendek masuk rumah, terutama di RT 14 RW 4 Kelurahan Jobokuto," kata Alan ditemui di lokasi, Sabtu (18/6/2022).

Menurutnya, sekitar 40 rumah warga yang tergenang banjir rob. Ketinggian banjir rob mencapai 30 sentimeter.

Warga lainnya, Siti Khoirah (45) mengatakan wilayahnya Kelurahan Jobokuto menjadi langganan banjir rob. Terutama di sepanjang Sungai Wiso yang mengarah ke laut. Banjir rob, kata dia, sempat terjadi pada bulan Mei 2022 lalu.

"Setiap hari seperti ini, sejak bulan Mei terus bulan ini seperti ini," jelas Siti ditemui di lokasi.

Lihat foto-foto di atas.



Simak Video "Banjir Rob Terjang Pantai Utara Probolinggo, Warga Pesisir Diminta Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/rih)